}
Stretching di Perjalanan
Tips

Stretching di Perjalanan

by Dewi
Fri, 09-Jun-2017

Commuters, kamu termasuk yang suka traveling dengan kereta atau bus? Biasanya memakan waktu cukup lama di perjalanan ya. Apalagi perjalanan mudik, wadaaauw… durasinya bisa dua kali lipat dari biasanya!

Mungkin banyak dari kamu yang bilang “aaah udah makanan tiap tahun, dinikmatin aja..” dan akhirnya menganggap pegal-pegal menjadi bagian dari rutinitas mudik juga. Padahal, kalo kamu tau cara mencegahnya, kamu bisa tiba di kampung halaman dengan segar bugar lho. Coba dibaca sebentar deh..

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang sehat dalam jumlah cukup. Hindari terlalu pedas dan terlalu banyak. Males kan kalo di tengah jalan, nggak tau toilet ada di mana, trus mules? Kalo bahasa kerennya, makanan rendah lemak yang mengandung protein dan cukup karbohidrat. Nah silakan terjemahkan ke dalam makananmu ya.

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya jangan minum yang bisa menyebabkan pipis-pipis. PR juga kan? Nggak pengin sering pipis trus jadi minumnya dikit, ya jangan juga. Minum aja air putih yang cukup, lebih bagus lagi kalo sempat minum jus buah.

Hal lain yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan adalah pakaian. Pakailah yang nyaman, yang gaya banget atau ketat-ketat nanti aja pas udah sampe tempat tujuan. Dan hindari hal-hal yang bikin stres. Contohnya tiket ketinggalan, jadi harus balik lagi ke rumah. Jadi cek-cek dulu semuanya ya.

Nah sekarang tips stretching supaya nggak pegal-pegal.

1. Leher

Duduk tegak. Bawa tangan kanan melewati kepala dan letakkan di atas telinga kiri. Perlahan tekan kepalamu ke arah kanan, tapi jangan sampai nempel ke bahu kanan. Nah peregangan akan terasa di leher sebelah kiri. Tahan dan bernapaslah sebanyak 3x, lalu lakukan sebaliknya.

2. Bahu

Satukan kedua tanganmu di belakang leher. Satukan kedua siku di depan wajah. Perlahan tundukkan kepala hingga dagu mendekati dada. Peregangan akan terasa pada leher bagian belakang. Tahan dan bernapaslah 5-6x.

3. Lengan

Bawa tangan kanan melalui belakang kepala hingga menyentuh bahu kirimu. Perlahan tekan siku kanan dengan tangan kirimu. Peregangan akan terasa di bagian belakang tangan kanan. Tahan dan bernapaslah 3x, lakukan sebaliknya.

4. Kaki

Ada dua cara yang bisa kamu pilih. Pertama, luruskan sebentar kedua kakimu, rasakan peregangan di belakang lutut. Lalu lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda. Kedua, duduklah tegak menghadap lorong. Pegang lutut kananmu lalu tekuk kaki kanan ke arah dada, arahkan ujung jari ke atas. Tahan dan bernapaslah 3-5 x, lakukan sebaliknya.

Kalau kamu bepergian dengan teman, sekali-kali pijit-pijitan boleh juga Commuters, supaya yang kaku-kaku bisa hilang.. Dan setibanya di tempat tujuan jangan lupa untuk minum air putih dan sedikit stretching, lalu berjalanlah agar aliran darah kembali lancar.

Semoga perjalanannya kali ini lebih menyenangkan ya Commuters, dan jangan lupa untuk tetap waspada. Selamat jalan! [][teks @tantedow/realbuzz.com, halftimemag.com | foto travel.sygic.com & 2.bp.blogspot.com]