}
Memilih Jurusan dan Universitas Yang Pas
Tips

Memilih Jurusan dan Universitas Yang Pas

by Pandu
Wed, 05-Jul-2017

Lagi bingung mau pilih jurusan dan universitas apa? Pilih aja B... Tidak kami bukan ingin menyarankan hal itu. Karena sebelum memilih kampus ada hal lain yang perlu dipertimbangkan. Yaitu keinginan dan hasrat.

Ada banyak kasus, seorang mahasiswa di kampus bonafid pada akhirnya ogah-ogahan kuliah dan berujung DO. Kuliah tidak mau, tapi nggak bisa putar balik karena tuntutan orangtua. Jadi sebelum pilih jurusan dan universitas, ketahui ini dulu yaa.

1. Tau Minat

Jangan pernah pilih jurusan cuma karena ikut-ikutan tren yang lagi hype atau sekadar patuh sama orangtua. Tahu dulu apa yang dimau atau dikejar, baru pilih jurusan dan universitas. Kalian bukan lagi anak SD yang harus diantar, kan?

2. Tau Bakat

Kalau minat sama bakat nggak sejalan, artinya harus latihan lebih keras lagi. Minat sama desain tapi jagonya di perhitungan, masuk jurusan Arsitek. Bakat di bidang kepo tapi minat ke sosial, jadi psikolog atau sosiolog.

3. Minta Restu Orangtua

Restu itu penting, kalau nggak nanti siapa yang bayarin hayo? Restu sama juga doa. Kalau sudah begini jalan menuju masa depan cerah, bisa jadi mulus. Minta dukungan yaa.

4. Set Your Goal

Modal tiga sudah dikantongin, tinggal tentuin jurusan, universitas, plus biaya. Pilih yang akreditasinya A yaa. Soal biaya, cari beasiswa jika terlewat mahal. Biar orangtua nggak tercekik juga.

5. Belajar dan Berdoa

Sisanya tinggal belajar yang keras sampai ujian tiba dan berdoa sampai waktunya pengumuman. Semangat! [][teks @haabib_onta | foto setkab.go.id, wallmagz.com]