}
Karier di Bidang Boga
Tips

Karier di Bidang Boga

by Dewi
Wed, 12-Jul-2017

Commuters, kamu doyan banget nyobain makanan-makanan yang lagi hits, rajin menyambangi tempat-tempat makan baru, hobi melototin video-video masak, posting foto-foto makanan di Instagram atau Path, atau suka ngutak-atik resep yang kamu tau demi mendapatkan cita rasa baru? Gimana kalo sekalian aja kamu berkarier di bidang makanan/boga?

Setau saya, kalo kita kerja sesuai dengan hobi atau sesuatu yang kita suka banget, kita akan jadi pekerja yang bahagia. Gaji? Ya pastinya mulai dari bawah dong, masa ujug-ujug langsung melesat angkanya haha.. Tapi rasa bahagia itu nggak ada duanya deh. Nah, berikut ini ada 8 karier yang bisa kamu tengok-tengok, siapa tau ada yang pas..

1. Chef

Kalo kamu bukan lulusan sekolah masak/perhotelan, tapi kamu udah punya keahlian memasak secara otodidak, kamu bisa mulai dengan kerja di bagian Kitchen. Jika kerjamu bagus, tentu aja posisi kamu akan terus meningkat hingga menjadi Chef.

2. Nutritionist

Untuk menjadi ahli gizi kamu harus sekolah gizi dulu atau ikut pelatihan. Kamu akan memberikan saran kepada orang tentang makanan dan hidup sehat.

3. Food Jurnalist

Ini cocok untuk kamu yang juga suka nulis. Tapi karena persaingannya sangat ketat, kamu harus mengasah kemampuan menulismu. Buatlah portfolio yang kuat dengan banyak menulis untuk beberapa media.

4. Food Scientist

Kuliahnya di jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan. Pekerjaannya meneliti kualitas makanan, proses pembuatannya, dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari. Kamu bisa kerja di lab kampus, perusahaan pembuat makanan/minuman, atau di departemen pemerintahan. Tertarik?

5. Food Taster

Kerjaannya nyicip! Enak banget nggak tuh? Jika indera perasa kamu udah sering teruji dan mendapat persetujuan dari teman-teman serta nggak punya alergi/pantangan apapun, coba segera cari lowongannya.

6. Petani

Suka bercocok tanam? Gimana kalo kamu menjadi penyedia jenis bahan makanan sehat, segar, dan bebas pestisida? Jangan malas untuk browsing-browsing dan cari ilmu dari petani senior ya.

7. Buka Restoran

Kalo punya jiwa bisnis, punya cukup modal, kenapa nggak? Cari lokasi yang strategis, pilih jenis makanan yang bakalan digemari pengunjung resto kamu, dan yang penting juga buat atmosfir resto serta pelayanan yang bakal membuat mereka balik dan balik lagi.

8. Recipe Developer

Memiliki pengalaman kerja di restoran atau lulusan sekolah masak/perhotelan akan lebih membuka peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan ini. Tanggungjawab recipe developer antara lain membuat resep, memperkirakan budget-nya, dan mencobanya hingga sempurna untuk disajikan dalam menu.

Menarik kan? Jika ada yang cocok dengan minatmu, segeralah mulai untuk merintisnya. Good luck! [][teks @tantedow/popsugar.com | foto popsugar.com]