}
Bumbu Wajib
Tips

Bumbu Wajib

by Dewi
Tue, 18-Jul-2017

Commuters, gini hari nggak bisa masak nggak asik ah. Rasanya puas gitu lho kalo kita berhasil bikin masakan yang enak dan yang makan juga happy. Nggak susah kok, yang penting mau memulai..

Sebagai pengetahuan awal, saya share di sini bumbu-bumbu yang wajib ada di dapur kamu. Bisa dibilang hampir semua masakan Indonesia dan luar negeri pake bumbu-bumbu ini.

  • Garam. Bahkan kehidupan tanpa garam pun rasanya hambar kan?

  • Lada/merica. Ini pasangan sejatinya garam. Tapi harus hati-hati, kalo kebanyakan malah rusak rasa masakan kita.

  • Gula. Jangan heran, ini bukan untuk bikin manis ya tapi gula bisa digunakan sebagai pengganti vetsin/micin.

  • Bawang merah & bawang putih. Rasa dan aroma khas bawang putih merupakan esensi penting pada sebagian besar masakan. Dan saudaranya si bawang merah pun banyak manfaatnya, antara lain sebagai pelengkap sambal kecap.

  • Cabai. Apalagi kalo kamu pecinta pedas, wajib bener ini ada di dapur. Bayangkan tumis kangkung tanpa dirinya..

  • Jeruk nipis. Buat menghilangkan yang amis-amis atau bikin masakan tambah sedap.

  • Untuk masakan Indonesia atau Asia, wajib juga menyimpan jahe dan lengkuas. Cek aja ada berapa masakan asli Indonesia yang mencantumkan mereka pada daftar bahan-bahannya.

Nah, itu baru sebagian. Kalo kamu termasuk penyuka masakan Barat, ada tambahan rempah-rempah yang harus ada. Seperti daun rosemary [diambil dari tumbuhan bunga Rosemary], thyme [salah satu jenis rempah daun dari Mesir], basil [atau kita bisa menggunakan kemangi], oregano [rasanya sedikit pahit, banyak dipakai dalam masakan Italia, Spanyol, Mediterania], cilantro [kita mengenalnya dengan nama daun ketumbar], dan parsley [serupa dengan seledri].

Ayolah jangan malas, masak itu seru tau! [][teks @tantedow/berbagai sumber | foto betterhealth.vic.gov & jaminenak.com]