}
Menutup Kartu Kredit
Tips

Menutup Kartu Kredit

by Dewi
Wed, 26-Jul-2017

Commuters, kamu berniat menutup kartu kreditmu? Apapun alasannya, mungkin sudah lelah atau takut akan godaan setan c-i-c-i-l, sebaiknya baca dulu langkah-langkahnya di bawah ini supaya terhindar dari hal-hal yang kurang enak di kemudian hari.

1. Habiskan reward atau poin

Rugi dong setelah reward itu terkumpul karena pemakaianmu, lalu hangus begitu aja karena penutupan kartu kredit. Dan biasanya ada juga bank yang memberikan cashback atas transaksi tertentu, dananya nanti akan ditransfer ke rekening kamu. Ayo cek-cek dulu..

2. Ajukan permohonan kepada bank penerbit kartu kredit

Bisa dilakukan melalui email atau bisa juga melalui telepon. Sampaikan keinginanmu untuk menutup kartu kredit dan mintalah jumlah tagihan yang harus dilunasi. Jika kamu pengguna kartu tambahan, maka kartu utama akan tetap aktif. Sebaliknya jika kamu pemegang kartu utama, maka kartu tambahan otomatis akan ikut tertutup.

Bank Indonesia mewajibkan penerbit kartu kredit untuk segera menutup kartu kredit nasabah yang diajukan untuk penutupan, paling lama tiga hari kerja sejak diterima tanggal permohonan penutupan.

3. Lunasi tagihan

Jika belum terbayar seluruhnya maka permohonanmu nggak akan bisa dikabulkan. Dan jangan lupa, selain transaksi yang kamu lakukan, bunga dan annual fee juga termasuk di dalamnya. Yang perlu dicatat, jika kamu masih punya cicilan biasanya akan terkena biaya administrasi karena kamu melunasinya sekaligus. Konsultasikan dengan customer service officer ya.

4. Batalkan pembayaran otomatis

Karena kemajuan teknologi, pasti banyak pengguna kartu kredit yang memberlakukan pembayaran otomatis untuk beberapa tagihan. Jika diperlukan, kirim pemberitahuan kepada perusahaan pemberi tagihan bahwa kamu akan mengubah metode pembayaran untuk tagihan di bulan berikutnya.

5. Amankan bukti tertulis

Simpan bukti pembayaran terakhir kamu yang melunasi semua tagihan. Simpan bersama lembar tagihan terakhir sehingga bisa dilihat adanya kecocokan angka. Simpan juga surat yang dikeluarkan oleh bank penerbit kartu kredit yang menyatakan bahwa kartumu telah ditutup dan semua tagihan telah dilunasi. Jika sebelumnya ada komunikasi melalui telepon, jangan lupa untuk menanyakan nama customer service officer yang melayani serta mencatat jam saat pembicaraan berlangsung. Semua bukti-bukti tersebut dapat menyelamatkanmu jika di bulan berikutnya masih ada tagihan yang datang.

Tenang Commuters, menutup kartu kredit itu nggak sulit kok. Lakukan aja semua sesuai prosedur secara terstruktur dan tepat. [][teks @tantedow/berbagai sumber | foto usnews.com & tekrevue.com]