}
20 Cara Hilangkan Lemak Perut
Tips

20 Cara Hilangkan Lemak Perut

by Sherra
Mon, 18-May-2015

Banyak orang di dunia ini yang ingin menghilangkan lemak di perut. Apalagi para wanita yang sering mengeluh soal perut buncit. Memang, perut buncit kadang bikin nggak pede, apalagi kalau mau pake baju yang ngepas di tubuh dan berwarna terang. Euuuh..

Bukan cuma itu, perut buncit alias lemak di perut bisa berbahaya! Lemak di perut bisa menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung termasuk stroke dan demensia. Hmm jangan langsung pakai cara instan kali yah, coba manfaatkan dulu bahan makanan yang ada di dapur kamu..

1. Lemon Water
Bahan:

  • 1 buah lemon
  • 1 gelas air hangat

Cara Bikin:

  1. Peras buah lemon ke dalam air hangat, aduk.
  2. Minumlah air lemon ini saat perut kosong di pagi hari secara rutin. Bukan hanya untuk mengecilkan perut, tapi juga untuk manfaat kesehatan lain.
  3. Pastikan kamu nggak makan atau minum apa-apa 30 menit setelah meminum air lemon.

2. Minyak Ikan/ Ikan
Minyak ikan mengandung omega 3 yang bisa membantu memecah dan mengurangi lemak di sekitar pinggang. Jika kamu nggak bisa mengonsumsi minyak ikan secara langsung, makanlah ikan yang juga kaya akan omega 3, yang biasanya berasal dari laut seperti kan salmon, tuna, sarden, ikan cod, lobster, dan udang. Konsumsilah 1 sendok makan minyak ikan setiap hari. Kamu juga bisa konsumsi ikan laut dua kali dalam seminggu secara rutin sampai lemak di perut kamu berkurang.

3. Teh Jahe
Jahe adalah obat alami untuk pencernaan. Jahe memiliki efek termogenik yang bisa meningkatkan suhu tubuh dan membantu membakar lemak lebih sempurna dengan waktu singkat. Nah, kamu bisa konsumsi teh jahe setiap hari demi perut kecil.
Bahan:

  • 5cm jahe
  • 1 buah lemon
  • 1 sendok makan madu
  • air secukupnya

Cara Bikin:

  1. Masak 1 teko teh air, didihkan dan tambahkan jahe.
  2. Diamkan selama 5-10 menit, lalu matikan api.
  3. Tambahkan air perasan jeruk lemon dan madu, aduk.
  4. Minumlah teh jahe ini di pagi hari, atau 2-3 cangkir 3 kali sehari.

4. Jus Kranberi
Kranberi juga mengandung omega-3 untuk mengusir lemak kamu yang bandel. Jus buah kranberi bisa mencerna limbah getah bening dan akhirnya membantu mengurangi lemak. Minumlah 1 cangkir jus kranberi [tanpa pemanis] setiap hari dan imbangi dengan minum air putih.

5. Chia Seeds
Chia seed adalah biji kecil berwarna hitam mirip selasih, yang berasal dari Amerika Latin. Nah, biji ini lagi ngetren di kalangan yang peduli dengan gaya hidup sehat. Biji ini mengandung serat, protein, lemak baik omega 3, dan antioksidan yang cukup tinggi. Ahli diet menyarankan untuk mengonsumsi 4-8 sendok makan setiap harinya agar mengurangi rasa lapar dan mencegah datangnya lemak. Campurkan chia seeds dalam smoothies, salad, yogurt, atau sereal.

6. Bawang Putih
Kenapa bawang putih ya? Nah, karena bawang putih memiliki zat anti-obesitas yang sangat baik untuk menyingkirkan lemak perut. Bawang putih bisa menghambat proses pembentukan lemak. So, nggak usah ragu untuk memasukan bawang putih ke dalam menu diet kamu. Cara mengonsumsinya:
Bahan:

  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah lemon
  • 1 gelas air

Cara Bikin:

  1. Peras 1 buah lemon ke dalam satu gelas air, aduk.
  2. Kunyah bawah putih mentah, lalu minum air lemon saat perut kosong setiap pagi.
  3. Dalam waktu 2 minggu pemakaian, kamu akan merasakan perut yang lebih ringan.

7. Kayu Manis
Nggak cuma bisa mengurangi lemak perut, kayu manis juga bisa mengurangi lemak tubuh keseluruhan karena fungsinya sebagai termogenik yang menghasilkan panas dari stimulasi metabolisme. Beginilah cara menggunakan kayu manis..

  1. Ambil 1 sdt bubuk kayu manis dan tambahkan ke minuman seperti teh, susu, atau kopi. Nah, minumlah rutin sampai perut maju ke dalam.
  2. Nggak cuma di minuman, kamu bisa taburkan bubuk kayu manis ke atas roti panggangmu.
  3. Suka makan salad? Tambahkan aja bubuk kayu manis ini.
  4. Seduh 1 – 1½ bubuk kayu manis dengan air panas. Tunggu beberapa menit, dan celupkan teh ke dalamnya. Angkat lalu tambahkan madu sesuai selera.

8. Teh Dandelion
Walaupun teh ini langka di Indonesia, tapi ternyata bermanfaat lho untuk mengurangi lemak dalam perut.
Bahan:

  • Akar dandelion atau bubuk dandelion 1 sdm
  • ½ jahe [cincang]
  • ½ potong kulit kayu manis
  • 1 biji kapulaga
  • 4-6 lembar daun mint
  • 1 ½ cangkir air
  • 2 sdt madu

Cara Bikin:

  1. Rebus jahe, kayu manis, kapulaga, dan daun mint sekitar 5 - 10 menit dan kemudian saring.
  2. Tambahkan madu teh ini dan aduk rata.

Minumlah secara teratur 2-4 kali sehari agar lebih efektif. Tapi hati-hati ya kalau kamu bermasalah dengan penyakit di pencernaan, lebih baik konsultasikan dengan dokter.

9. Teh Hijau
Bahan:

  • Daun teh hijau
  • ½ - 1 sdt jus lemon
  • 1 cangkir air panas
  • 5 lembar daun mint
  • madu [optional]

Cara Bikin:

  • Seduh teh hijau, diamkan selama 7-10 menit.
  • Saring teh, lalu tambahkan jus lemon dan madu, aduk.
  • Konsumsinya 3-4 kali sehari setelah makan.

10. Pengobatan Herbal
Banyak bahan herbal yang ada di dapur rumah yang bisa memangkas lemak di perut. Cobain aja bikin infused water dari jahe, timun, daun mint, dan lemon. Jahe dengan sifat thermogenik, timun dengan kandungan air dan serat, daun mint yang bisa menaklukan hasrat ingin makan, dan lemon yang tentunya memiliki kandungan vitamin C tinggi dan antioksidan yang bisa meningkatkan energi pembakaran lemak.
Bahan:

  • 1 buah timun
  • 5cm jahe [digeprek]
  • 10-12 lembar daun mint
  • 1 buah lemon
  • 2 liter air.

Cara Bikin:

  1. Potong timun dan lemon.
  2. Campurkan semua bahan ke dalam air, aduk dan diamkan semalaman.
  3. Minumlah airnya untuk sepanjang hari dan ulangi sampai lemak di perut musnah.

11. Cabai
Capcaisin pada cabai memiliki efek termogenik yang bisa tingkatkan panas tubuh sehingga menggunakan banyak energi dan kalori. Jadi nggak usah ragu mengonsumsi cabai. Pada akhirnya bisa meningkatkan pembakaran lemak dan menghilangkan lemak di perut.

12. Kacang Almond
Yep, kacang almond memiliki lemak tak jenuh yang sehat dan juga serat untuk menekan rasa lapar. Konsumsi aja almond secara rutin, misalnya seriap pagi hari dan 30 menit setelah mengonsumsi air lemon atau dicampurkan dengan sarapan oatmeal.

13. Seledri
Minumlah setengah gelas jus seledri sebelum makan siang atau makan malam. Kalau nggak doyan, kamu bisa tambahkan seledri ke dalam sup atau salad. Seeledri mengandung vitamin C, kalsimun, serat, dan berkalori rendah. Selain mengurangi lemak perut, seledri menganduk senyawa alami, apigen, yang bisa membantu mengurangi risiko kanker ovarium.

14. Semangka
Buah dengan 91% kandungan air di dalamnya ini bisa membantu kurangi lemak, risiko kolesterol dan penyakit jantung koroner. Konsumsilah sebanyak dua gelas jus semangka setiap hari selama 2 bulan dan tunggulah hasillnya.

15. Tomat
Tomat memiliki senyawa yang membantu untuk mengontrol lemak perut dan melawan penyakit kronis yang berhubungan dengan obesitas. Konsumsilah tomat entah dimakan langsung atau masukkan ke dalam masakan diet kamu..

16. Alpukat
Selain bisa mencegahmu makan berlebihan, alpukat juga memiliki manfaat dalam urusan kecantikan, seperti anti-aging, anti jamur, dan anti bakteri. Jadi jangan ragu mengonsumsi alpukat sebagai buah di menu diet.

17. Mentimun
Makan sepiring mentimun bisa jadi cara sehat untuk membersihkan tubuh kamu dari racun berbahaya yang dilepaskan oleh sistem pencernaan. Selain menyegarkan dan rendah kalori, mentimun mengandung mineral, serat, dan vitamin yang efektif untuk membuatmu lebih fit, kulit cerah, dan sekaligus menghilangkan lemak perut.

18. Apel
Apel kaya akan serat, fitosterol, flavonoid dan beta karoten yang bisa membuat perut merasa kenyang. Penelitian di Brasil mengungkapkan berat badan wanita yang makan 3-4 apel sehari akan turun lebih banyak daripada mereka yang nggak makan apel.

19. Nanas
Sifat anti-bakteri pada nanas bisa bantu memerangi bakteri penyebab diare dan menyembuhkan gangguan usus. Buah bermahkota ini juga memiliki vitamin B6 dan C, mangan, tiamin, tembaga dan serat yang membantu untuk mengatasi masalah kesehatan.

20. Ceri Tart
Ceri tart adalah jenis ceri yang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh serta lemak tubuh. Penelitian di University of Michigan mengungkapkan bahwa diet dengan ceri tart akan membantu untuk menurunkan gejala sindrom metabolik yang meningkatkan risiko lemak, penyakit jantung dan diabetes.

Nah, makanan enak pun bisa berikan manfaat yang bagus juga kan? [][teks @saesherra/homeremediesforlife.com | foto berbagai sumber]