}
Memotret Hewan Peliharaan
Tips

Memotret Hewan Peliharaan

by Pohan
Mon, 07-Aug-2017

Tidak ada persiapan khusus saat memotret hewan peliharaan. Kita sebagai pemilik lebih mengenal gerakan mereka. Inilah tipsnya:

1. Gunakan Cahaya Alami

Hindari penggunaan flash agar hewan tidak kaget atau coba giring mereka ke luar ruangan [misalnya di pekarangan rumah]. Jika tidak memungkinkan, buka jendela ruangan saat memotret.

2. Fokus di Mata

Seperti kata ilmuwan, "The eyes really are a window to the soul”. Begitu pula mata hewan yang sangat ekspresif. Pertahankan taktik memotret agar hasilnya jelas.

3. Lakukan Pendekatan

Buat hewan peliharaan merasa nyaman bahwa tidak ada unsur paksaan. Foto yang sukses adalah tema yang menyampaikan karakter subjeknya.

5. Pakai Lensa Makro

Lensa ini bisa menangkap detail sangat tajam seperti foto portrait dengan mengarahkan pada wajah dan bulu di sekitarnya. Ambil foto close-up.

6. Cari Perhatian

Ajak hewan peliharaan bermain. Ekspresi mereka pasti menyenangkan, atau menarik perhatiannya dengan memanggil namanya.

7. Tentukan Waktu Pemotretan

Memotret hewan peliharaan saat baru bangun tidur/mengantuk jauh lebih mudah. Tapi hasil yang baik ketika mereka tengah energik. Jika mereka sakit, sebaiknya tunda saja hari lain.

8. Sabar

Hewan peliharaan bukan pesuruh. Tak perlu memaksanya untuk berpose seperti yang kamu mau, atau terburu-buru. Buat sesi pemotretan yang santai.

9. Bereksperimen

Coba lakukan pendekatan demi mendapatkan sudut dan komposisi yang berbeda. Jepret yang banyak supaya bisa memilih hasil terbaik. Luangkan waktu, dan nikmati sesinya. [][teks @pohanpow/digital-photography-school.com | foto dok. Exposure Guide, Karin Newstrom]