}
Cara Benar Menyikat Gigi
Tips

Cara Benar Menyikat Gigi

by Sherra
Mon, 18-May-2015

Well, menyikat gigi itu penting. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya hasilnya lebih efektif. Check this out!

1. Tunggu 30 menit setelah makan

Menyikat gigi segera setelah makan bisa berbahaya. Kenapa? karena tingkat pH di mulut lebih asam sehingga lapisan email gigi bisa menipis kalau langsung disikat. Lebih baik tunggu 30 menit dulu yah..

2. Mulailah dari bagian yang berbeda

Kebanyakan orang akan mulai menyikat dari bagian yang sama. Padahal cara itu hanya membuat gigi nggak mendapat perhatian yang sama. Soalnya,  ketika menyikat di bagian terakhir, kamu akan merasa ‘malas’ dan akhirnya hanya disikat sebentar.

3. Sikatlah gigi dengan gerakan melingkar

Setiap orang memiliki teknik yang berbeda saat menyikat gigi. Meski begitu, hindarilah menyikat dengan kasar, apalagi  sampai merusak gigi dan mengikis gusi. So, agar gigi nggak rusak, sikatlah dengan gerakan melingkar secara lembut.

4. Sikatlah gigi selama kurang lebih 2 menit

Walaupun sudah banyak yang tahu hal ini, ternyata banyak juga yang hanya menyikatnya sebentar.

5. Jangan abaikan bagian dalam gigi

Well, kadang sulit untuk menyikat bagian dalam gigi. Tapi usahakan untuk menyikatnya, seperti bagian dalam gigi seri dan geraham yang menempel dengan lidah karena di bagai itu terdapat plak yang tersembunyi.

6. Pakailah sikat gigi yang tepat

Orang-orang sering menggunakan sikat gigi yang terlalu besar atau kecil untuk ukuran mulutnya sehingga nggak bisa menjangkau semua bagian mulut. Jika memang mulut kamu termasuk berukuran kecil, kamu bisa gunakan sikat gigi anak-anak.

7. Buah dan sayuran pembersih alami

Ketika berada di luar rumah dan tidak ada kesempatan menyikat gigi, makanlah buah atau sayuran seperti apel atau seledri. Yep, buah memang tepat untuk pencuci mulut.

8. Jagalah sikat gigi agar tetap bersih

Walaupun terlihat bersih, bakteri penyebab bau mulut dapat tumbuh pada sikat. So, simpanlah sikat gigi di dalam cangkir agar nggak menempel dengan tempat yang kotor.

9. Seringlah mengganti sikat gigi

Sebenarnya  dianjurkan sikat gigi diganti 3-4 bulan sekali. Tapi alangkah baiknya  sikat gigi diganti ketika bulu sudah rusak atau memang sudah nggak nyaman dipakai. [][teks @saesherra/lifehack | foto dublindentalcenterpa.com/ askthedentist.com.au]