}
Rem Blong? Jangan Panik!
Tips

Rem Blong? Jangan Panik!

by Intern 2
Sun, 27-Aug-2017

Pergi berlibur ke luar kota dengan mobil, terutama dengan keluarga yang dicintai memang menyenangkan. Apalagi mobil yang dikendarai baru diservis. Namun saat di perjalanan, tiba-tiba kamu merasakan ada yang janggal dengan pedal rem mobilnya. Ternyata rem mobil blong. Apa yang kamu lakukan? Apakah harus lompat dari mobil, atau menghentikan laju mobilnya dengan kakimu? Berikut tips yang wajib kamu jalani jika rem mobil blong.

1. Jangan Panik

Ketika kamu sadar bahwa rem mobilmu blong, jangan panik. Tetap fokus dan pikirkan cara terbaiknya. Panik akan membuat kamu tidak bisa berpikir. So, rileks aja, dan berpikir jernih.

2. Nyalakan Lampu Hazard dan Bunyikan Klakson

Hazard berarti penanda keadaan darurat yang dialami pengemudi. Ketika lampu hazard dinyalakan, orang sekitar kamu akan melihatmu dalam kondisi darurat. Selain itu, bunyikan klakson agar orang di sekitar kamu segera menghindar.

3. Terus Coba Memulihkan Rem

Bila rem terasa lembut dan bisa sampai menginjak lantai mobil, kemungkinan mobilmu kekurangan minyak rem atau mengalami kerusakan fungsi master silinder atau bermasalah pada bagian kepala rem.

4. Pompa Terus Rem

Langkah yang harus kamu ambil bila mengalami masalah ini adalah dengan terus menerus memompa rem untuk mengembalikan tekanan rem. Memompa rem di sini maksudnya, terus menginjak rem berulang-ulang. Lakukan hal ini meskipun kendaraanmu telah dilengkapi teknologi Anti-lock Breaking System atau sistem rem anti terkunci.

5. Tidak Ada Reaksi? Lanjut ke Engine Brake

Engine brake adalah memakai tenaga mesin untuk pengereman. Untuk manual, ketika kamu menyetel gigi tertinggi, kurangi secara bertahap hingga ke gigi satu. Jika berada di jalan tol, arahkan ke pinggir jalan, dan masuk ke bagian non aspal [yang berumput]. Hal ini juga turut mengurangi kecepatan mobil. Untuk matik juga kurangi gigi ke transmisi terendah.

6. Tarik Rem Tangan

Jika cara-cara tadi tidak langsung mengurangi laju kendaraan kamu, cara yang berikutnya adalah memakai rem tangan. Caranya, kamu harus menarik rem tangan perlahan. Jika kamu menarik penuh secara langsung, kemungkinan kamu akan kehilangan kontrol mobil.

7. Jalan Terakhir

Jika tarik rem tangan tidak juga berhasil, ada cara terakhir yang sedikit ekstrem. Jika kamu  mengalami rem blong di turunan jalan perbukitan, secara perlahan kamu benturkan mobil ke bagian tebing. Jika di jalan tol, perlahan-lahan benturkan mobil ke pembatas jalan yang berada di tengah, maupun yang berada pinggir. Body mobil kamu akan rusak. Namun, keselamatan nyawa kamu lebih penting bukan? Setidaknya kamu memiliki asuransi mobil. [][teks @apra_manuela/oto.detik.com | foto pinterest.com, patch.com]