}
Tips

Teknik Dasar Beatbox

by Pohan
Tue, 19-May-2015

Yang suka musik, pasti tau dong namanya beatbox. Yup, beatbox adalah teknik mengeluarkan suara melalui mulut, gerak bibir, dengan teknik napas tertentu. Memang sih nggak membutuhkan alat musik, kecuali mikropon. Tapi, tentu saja, menjadi seorang beatboxer perlu banyak latihan. Teknik dasar beatbox ada 3 suara, yaitu: B, T, dan K dengan cara pengucapan yang bisa kamu lihat contohnya di video Indra Aziz di atas. Ketiga suara bisa menciptakan beat yang unik. Berikut cara pengucapannya yang dimulai dari B, T, dan kemudian K:

1. B - Kick Drum/Bass Drum

Tutup mulut rapat-rapat, lalu ucapkan 'BU' atau 'BUF' dengan napas tertahan. Mengucapkan 'BU’ lebih mudah daripada 'BUF' karena pengucapan suara huruf U samar-samar hingga suara U jadi tidak begitu terdengar, yang terdengar adalah B[u]F. Teruslah berlatih sampai mendengar sendiri suara bass dari mulut. Jangan hanya berpacu pada suara 'BU' atau 'BUF'. Namun, harus mencari suara bass.

2. T - Hi Hat

Cara mengucapkannya harus mengeluarkan kata 'Tci' atau 'Tchi'. Sekarang coba baca kata ini 'Tchi-Tchi-Tchi'. Kalau sudah lancar, berarti sudah bisa. Sekarang coba lagi sampai benar-benar lancar.

3. K - Snare

Bisa dibilang pengucapan suara ini lebih sulit daripada dua lainnya karena mengucapkan 'K' harus ada tarikan napas seperti yang dilakukan orang ketika sakit gigi. Pertama, ucapkan dulu 'K' seperti biasa. Selanjutnya, coba ucapkan 'Kih'. Kalau sudah bisa, sekarang coba sedot/hirup udara seperti orang sakit gigi. Anggap saja gigi geraham sedang kesakitan. Biasanya orang kalau sakit gigi menghirup udara dari mulut dan udara melewati sela-sela gigi. Lewatkan udara yang keluar dari sela-sela gigi untuk melatih pengucapan suara ini.

Setelah tiga suara di atas sudah lancar. Coba ucapkan pattern B T K T B T K T 2x. Ucapkan secara perlahan dan ingat baik-baik urutannya. Jika sudah hafal, coba tingkatkan ritmenya. Lakukan berulang kali sampai fasih dan menguasai pattern [pola] ini. Jika sudah lancar, kamu bisa membuat pattern-pattern sendiri.

Tips sederhana BeatBox:

1. Jangan pernah malu dan takut diledekkin orang saat melakukan beatbox.
2. Latihan setiap hari secara rutin. Jika lelah, boleh istirahat dulu, jangan memaksakan diri.
3. Jika sudah ahli, jangan pernah menjadikan bakat beatbox sebagai bahan untuk disombongkan.

Komunitas beatbox pertama di Indonesia dan memiliki scene beatbox paling besar di seluruh dunia yaitu Indobeatbox. Cek Twitternya nih, @indobeatbox. [][teks @pohanpow/masterbama.blogspot.com | foto dok. youtube.com, beatboxbattle.tv]