}
Tips Membaca Website Secara Offline
Tips

Tips Membaca Website Secara Offline

by Intern 2
Sun, 10-Sep-2017

Enak ya, browsing artikel menarik di internet, memakai koneksi wifi perpustakaan. Sedang asyik-asyiknya nih, ternyata jam tutup perpustakaan sudah tiba. Padahal, masih banyak artikel yang akan kamu baca karena sangat menarik. Mau simpan di bookmark, tentu kamu harus perlu koneksi internet lagi. Tenang, tenang. Kamu bisa baca secara offline kok. Ada caranya nih:

1. Download Halaman Tertentu

Yang paling gampang adalah dengan menggunakan tombol “CTRL + S” pada komputer kamu. Buka website yang diinginkan, ketik “CTRL+S”. File yang tersimpan nantinya adalah file HTML dan folder. Klik file HTML-nya, maka kamu bisa membaca website secara offline.  Selain dari komputer, menyimpan website secara offline juga bisa melalui smartphone. Untuk smartphone berbasis android, buka website yang akan disimpan melalui google chrome, kemudian klik kanan atas, klik logo “download”.

2. Menggunakan Firefox Atau Chrome

Search engine atau mesin pencarian sekarang juga sudah punya fitur offline. Untuk pengguna chrome, kamu tinggal ketik di pencarian “chrome://flags”, kemudian cari  pilihan “Show Saved Copy Button”, kemudian pilih on. Setelah itu, kamu restart kembali chrome-nya. Sedangkan untuk pengguna firefox, kamu bisa mengklik menu di sebelah kanan atas, kemudian pilih menu “developer”, dan klik “work offline” di bagian paling bawah.

3. Menggunakan Aplikasi “HTTrack”

Aplikasi ini mampu mengunduh website sampai keseluruhan, dalam arti link yang terdapat dalam website yang kamu download bisa dibuka secara offline juga. Menarik bukan? Kamu bisa mengunduh website secara keseluruhan dengan aplikasi “HTTrack”.

4. SiteSucker Untuk Pengguna Mac OS X dan iOS

Cara kerjanya sama seperti HTTrack, yaitu men-download website dari link ke link. Namun kamu juga bisa kok menjeda download-nya, dan melihat website yang sudah di download. Sitesucker ini khusus untuk pengguna MacOS X dan iOS

5. PageNest Free Offline Browser Untuk Pengguna System Windows

Aplikasi ini khusus buat pengguna sistem windows di komputernya. Aplikasi ini dapat  menyimpan website secara utuh termasuk gambar yang ada. Kamu cukup memasukkan alamat website,  kemudian PageNest akan men-download seluruhnya.  PageNest tersedia gratis untuk penggunaan personal dan berbayar bagi pengguna komersial. [][teks @apra_manuela/berbagai sumber | foto anekatop10.com, pusatgratis.com]