}
Tips Agar Tetap Termotivasi dalam Fotografi
Tips

Tips Agar Tetap Termotivasi dalam Fotografi

by Pohan
Fri, 08-Sep-2017

Setiap fotografer pernah merasakan jenuh dengan aktivitasnya  sampai antusiasme mereka memudar. Ini berarti kamu baru saja melakukan hal yang sama, berulang-ulang. Lalu, bagaimana agar gairah yang pernah dimiliki bisa muncul kembali? Inilah tips agar kamu tetap termotivasi dalam jagat fotografi:

1. Bawa Kamera Sepanjang Hari

Praktisnya, membawa kamera pocket agar siap memotret setiap kali merasa terinspirasi atau melihat peluang foto. Jika memungkinkan, abadikan momen dengan kamera profesional supaya bisa dicetak ukuran yang lebih besar.

2. Memotret Selama 365 Hari

Cobalah dari sekarang untuk melakukan pengambilan gambar satu atau lebih per hari setiap hari. Pada akhir tahun kamu akan memiliki dokumentasi lengkap untuk mengingat hari-hari yang terlewati melalui gambar.

3. Terima Kritik dan Saran

Pastikan tidak baper demi kemajuan skill dalam fotografi. Komentar dari fotografer lain bisa membuka mata untuk bisa memperbaiki dan mempelajari hal-hal yang diketahui/tidak dengan cara yang berbeda.

4. Gabung dalam Komunitas

Ada banyak pilihan halaman yang memungkinkan kamu menyimpan foto dan membaginya dengan keluarga, teman, serta orang asing secara acak di seluruh dunia. Pilih layanan yang disukai, menyelamlah ke dalam komunitas. Bangun hubungan dengan orang lain.

5. Berikan Diri Tugas

Jika menginginkan ide yang benar-benar asli, coba pikirkan sesuatu yang belum pernah kamu lihat di foto, atau cara memotret yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Tetapkan tujuan atau pilih tema yang bisa memotivasi, dan patuhilah yang direncanakan.

6. Cari Lokasi Baru

Kamu membutuhkan alterasi pemandangan setelah berada di tempat yang sama dari hari ke hari. Ambil jalan yang berbeda saat pergi ke kantor, kampus, atau sekolah. Berliburlah membawa kamera, dan tetap membuka mata untuk mendapatkan foto yang lebih menarik.

7. Pelajari Sesuatu yang Baru

Sudahkah kamu melacak semua menu di kamera? Cari tahu sesuatu yang tidak kamu ketahui sebelumnya, misalnya, fungsi tombol atau pengaturan kamera. Lihat video tutorial di YouTube untuk mempermudah pembelajaran atau cek langsung buku panduan.

8. Lakukan Percobaan

Jangan gampang puas dengan hasil foto apalagi setelah mendapat pujian. Selain belajar hal baru, kamu juga harus mencoba hal baru dengan melakukan percobaan di antaranya kloning foto, teknik melukis dengan cahaya, dan masih banyak lagi.

9. Ikuti Fotografer Lain

Cara yang bagus untuk memotivasi diri kamu adalah terinspirasi oleh karya fotografer lain yang berproduksi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti mengunjungi pameran foto. Selain itu kamu bisa follow fotografer-fotografer terbaik di media sosial.

10. Punya Alat Baru

Jika selama ini lensa yang digunakan hanya lensa wide-angle, mungkin sudah saatnya mencoba lensa tele. Selain pengenalan, memiliki alat yang baru membantu untuk menciptakan foto yang lebih menarik lagi.

11. Desain Ulang Halaman

Lakukan pembaruan halaman website atau blog fotografi setiap satu atau dua tahun sekali. Usahakan pengunjung yang baru bisa tetap menikmati foto-foto lama, dan pengunjung setia akan menghargai perubahan terbaik.

12. Temukan Keindahan di Tempat Biasa

Kita tidak butuh dunia ini berubah agar foto yang kita hasilkan juga berubah. Kita hanya membutuhkan mata yang tajam ditambah pola pikir yang benar. Luangkan waktu untuk berhenti, belajar, dan benar-benar melihat sesuatu.

13. Cetak Foto

Orang sudah jarang pergi ke tempat cetak foto karena semua bisa dipamerkan langsung via media sosial. Namun, mencetak foto bagian terpenting fotografi dalam pengenalan warna, jenis kertas yang akan dicetak, serta framing. [][teks @pohanpow/petapixel.com | foto pexels, eventbrite, berbagai sumber]