}
Hidup Hemat Dimulai dari Rumah
Tips

Hidup Hemat Dimulai dari Rumah

by Intern 2
Fri, 08-Sep-2017

Siapa yang dari kecil sudah diajarkan untuk hidup hemat? Hidup hemat penting dilakukan sedini mungkin supaya mencerminkan kehidupan pribadi yang bertanggung jawab dengan apa yang dimiliki, dan lebih dewasa dalam berpikir.

Berhemat membuat kamu bijaksana mengatur keuangan, sehingga bisa menerima manfaatnya di masa mendatang. Hidup hemat bisa dimulai dari rumah, seperti berikut ini:

1. Punya Halaman? Yuk Manfaatin

petanirumahan.com

Jika kamu punya halaman kosong yang banyak, bisa kok ditanami tumbuhan yang bermanfaat. Semisalnya cabai dan tomat. Tanaman tersebut mudah ditanam. Selain itu tanaman daun sirih, jahe, buah-buahan juga bisa kamu tanam sendiri. Dengan begini kamu bisa menghemat pengeluaranmu dengan memanfaatkan hasil tanaman sendiri. Oh ya, berkebun sekaligus berolahraga juga bisa lho.

2. Listrik? Begini Nih Cara Hematnya

sharp-indonesia.com

Jika sudah selesai memakai alat elektronik, langsung cabut colokannya. Selain itu, penggunaan lampu di rumah, sebaiknya memakai lampu LED ya! Walaupun watt kecil, namun cahayanya terang dan tahan panas. Yang biasa memakai AC, coba setel suhunya agar jangan terlalu dingin, supaya kinerja mesin AC-nya tidak terlalu berat. Intinya, gunakanlah peralatan listrik seperlunya.

3. Sakit? Aduh Jangan Ya!

siraplimau.com

Kebayang nggak biaya rumah sakit sebesar apa? Hidup sehat dong! Hidup sehat gk mahal kok, rajin berolahraga, makan makanan bergizi [tahu dan tempe gizinya tinggi loh], banyak minum air putih, sayur dan buah-buahan bisa tanam di halaman rumah kok. Dengan hidup sehat, maka kita akan mengurangi resiko terkena penyakit, yang mengharuskan kita untuk ke rumah sakit dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

4. Hangout? Jangan Terlalu Sering.

rockingmama.id

Sering hangout? Bukan artinya bergelantungan di luar ya. Tapi sering nongkrong di luar. Boleh aja sih, apalagi bersama teman sekalian ngobrol. Tapi, harap dibatasi! Kamu hitung nggak biayanya berapa? Keluar rumah sudah sekian rupiah habis, beli jajanan, kopi, apalagi ke warung kopi yang secangkirnya Rp 35.000, bisa bulan tua di tanggal 10 dong kamu. Setidaknya cari tempat tongkrongan yang murah, atau ngumpul di rumah teman. Ya, hitung-hitung bisa makan dan minum gratis di tempat teman.

5. Biasakan Belanja di Pasar Tradisional

suarantb.com

Bandingkan harga bahan makanan di supermarket dan di pasar tradisional. Beda banget gitu lho. Buat kamu yang ingin hidup hemat, yuk biasakan belanja di pasar tradisional. Memang sering becek, dan berdesakan. Tapi percayalah, sesuatu akan indah pada waktunya [surplus di akhir bulan karena berhemat maksudnya].

6. Hemat Biaya Transport

linikini.id

Jangan suka naik kendaraan umum yang mahal kalau bepergian. Misalnya, kamu dari Jakarta mau ke bandung. Bisa kok naik bus AC ekonomi yang ada di terminal. Atau pergi ke kantor, ada Commuter Line, TransJakarta, dan ojek online dengan promo-promo dahsyatnya. Apalagi? Manfaatkan moda transportasi yang murah ya. Eh, naik Commuter Line sekalian liat MacroAd LINIKINI ya!

7. Sayangi Uang Koin Kamu

youtube.com

Peribahasa “sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit” ternyata berlaku sampai saat ini. Jangan pernah kamu buang uang koin yang didapat. Karena jika dikumpulkan, hasilnya juga lumayan untuk kamu manfaatkan. Kalau uang koin kamu ditolak untuk jadi alat pembayaran, bisa kok ditukar di minimarket dekat tempat tinggal kamu. Jadi, selamat mencoba tips ini ya. Ingat! biasakan hidup hemat, agar masa depan cerah. [][teks @apra_manuela | foto dok. linikini.id, gambaroke.com, berbagai sumber]