}
Tips Wirausaha untuk Pemula
Tips

Tips Wirausaha untuk Pemula

by Hagi
Tue, 10-Oct-2017

Untuk menjadi bangsa yang maju, sedikitnya dibutuhkan 2% penduduk yang terjun ke bidang entrepreneurship. Tetapi memulai sebuah bisnis, tidaklah mudah. Pasti ada jatuh bangunnya saat membuat bangunan bisnis yang ajeg. Berikut ini adalah petunjuk sederhana berbisnis untuk pemula dari Scott Gerber yang dimuat di laman entrepreneur.com.

1. Fokus. Fokus. Fokus. Jangan tergiur kepada setiap peluang lain yang melintas. Terlalu banyak perhatian akan terbuang. Pertajam konsentrasi hanya kepada bidang yang sedang dihadapi, agar produktivitas bisa lebih efektif dan efisien.

2. Tahu apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang diketahui. Jangan berbisnis hanya karena kelihatannya menguntungkan. Bisnis yang dibangun di seputar kekuatan dan talenta akan memiliki kesempatan sukses yang lebih besar.

3. Jelaskan dalam 30 detik atau jangan katakan sama sekali. Selalu siaplah bertemu investor atau calon pelanggan. Jika kita tak bisa menjelaskan secara singkat dan menarik, maka kemungkinan besar kita akan kehilangan peluang.

4. Tahu apa yang Anda tahu, apa yang tidak Anda ketahui, dan siapa yang tahu tentang yang tidak Anda ketahui. Punyalah penasihat dan mentor yang akan memupuk Anda menjadi pemimpin dan pebisnis yang lebih baik.

5. Bertindak seperti pemula. Lupakan kantor dan mobil mewah. Kas Anda adalah darah kehidupan perusahaan. Berlatihlah untuk berhemat, perhatikan setiap pengeluaran, dan atur arus kas Anda secara efektif.

6. Belajar di bawah tekanan. Jangan terjun langsung ke bisnis baru tanpa memikirkan atau merencanakan apa pun. Tapi juga jangan menghabiskan waktu untuk mengeksekusi ide-ide Anda. Belajarlah dari kesalahan.

7. Tak ada yang akan berinvestasi ke Anda. Jika memerlukan sejumlah besar modal, kembalilah ke rencana bisnis. Temukan titik awal dan cara untuk membuktikan model bisnis Anda dengan anggaran yang ketat.

8. Jagalah kesehatan. Anda akan jauh lebih produktif saat merawat diri dengan lebih baik. Kewirausahaan adalah gaya hidup, bukan profesi kantoran. Kerja sampai kelelahan akan membuat Anda kurang produktif.

9. Jangan jadi korban mulut besar Anda sendiri. Jika tak bisa membuktikan omongan Anda, jangan mengumbar janji. Hindari melebih-lebihkan kehebatan dan menggembar-gemborkan rencana yang belum terbukti hasilnya.

10. Tahu kapan harus berhenti. Jika ide Anda tidak berjalan, temukan apa yang salah dan kesalahan yang Anda buat. Kegagalan tidak bisa dihindari, tapi pengusaha sejati akan mengatasi berbagai kesulitan. [][teks @evaevilia666/ entrepreneur.com | foto freepik.com/katemangostar, creativeart]