}
Tips Memanfaatkan Waktu
Tips

Tips Memanfaatkan Waktu

by Hagi
Fri, 10-Nov-2017

Commuters punya banyak waktu luang? Digunakan buat apa saja? Well, apapun yang dilakukan, manfaatkan waktu supaya nggak terbuang percuma ya.
Berikut ini ada beberapa kegiatan yang tergolong menghibur diri, menyerap pengetahuan, jadi kreatif, dan lebih produktif. Kita bahas satu-satu ya.

Menghibur Diri

1. Berkhayal - Gunakan imajinasimu untuk berkhayal. Tapi jangan yang jorok ya. Usahakan berkhayalnya yang bisa menghasilkan sesuatu.

2. Main di Ruang Terbuka - Jangan di dalem ruangan terus. Sesekali cobalah main ke luar. Nikmati suasana yang berbeda.

3. Amati Orang Lain - Tapi bukan buat mengejek mereka ya. Perhatikan kelucuan-kelucuan dari orang-orang di sekitar kita.

4. Cari Musik Baru - Bosen ah kalo dengerin lagu atau jenis musik yang itu-itu aja. Coba browsing lagu-lagu baru deh. Asik, tau!

5. Main Game Rubik atau Puzzle - Cobain sesekali jangan main game di gadget deh. Sensasinya bakal beda lho!


Menyerap Pengetahuan

6. Baca Buku - Repot bawa buku fisik? Kan bisa baca e-book. Pusing baca di kendaraan? Bisa kok sambil nunggu KRL dateng. Nggak bakal kerasa deh.

7. Baca Blog Orang Lain - Ada banyak pelajaran di luar sana. Asal jangan kepoin blog mantan terus. Nanti jadi baper deh.

8. Ngobrol - Menggosok dan menggesek ide bisa dilakukan lewat ngobrol. Nggak harus langsung, bisa juga lewat chat, kan?

9. Belajar - Biar bisa dapet pengetahuan baru, kita nggak cuma baca, tapi juga harus praktik. Nah, manfaatkan waktu untuk mencoba keahlian baru ya.

10. Cari Tutorial di Internet - Ini salah satu cara buat meningkatkan pengetahuan. Jangan lupa buat mencobanya sendiri ya.


Jadi Kreatif

11. Menulis - Cara ini dianggap paling sederhana untuk menjadi kreatif, dengan menuangkan gagasan lewat tulisan. Itung-itung ganti bicara lisan aja sih.

12. Bikin Lagu - Yang ini memang nggak semua bisa. Tapi boleh dong kalo digeser ke membuat puisi. Atau menemukan nada-nada yang seru. Bisa kan?

13. Membuat Scrapbook - Berangkat dari hobi gunting tempel, kita bisa menghasilkan satu scrapbook yang cantik. Banyak contohnya di internet.

14. Lakukan Hobi Kriya - Coba awali dari kebutuhan di meja belajar atau meja kerjamu dulu. Buatlah dari barang-barang bekas. Pasti seru.

15. Bikin Kue - Mereka bilang, taklukkan pasanganmu lewat masakan. Nah, yang belum bisa, ada banyak resep dan tutorialnya di YouTube tuh..


Lebih Produktif

16. Tidur Siang - Eh, jangan sangka tidur siang bikin kita jadi malas lho. Penelitian menunjukkan peningkatan produktivitas setelah tidur siang.

17. Meditasi - Selain tidur siang, kegiatan ini juga bisa membuat banyak ide mengalir deras. Pelajari cara yang paling efektif untuk meditasi ya.

18. Membuat Daftar Tugas - Daripada nggak ada kerjaan, mending kita menyusun daftar hal-hal yang akan kita lakukan dalam waktu dekat.

19. Menyelesaikan Tugas Yang Belum Selesai - Ayolah, pasti ada dari daftar tugasmu yang belum terselesaikan. Biar nggak dikejar-kejar, kelarin dong.

Nah, jika semua aktivitas sudah dicoba, maka waktumu nggak akan terbuang dengan percuma lagi Commuters. [][teks @evaevilia666/berbagai sumber | foto freepik.com/katemangostar]