}
Tips Manual Memperbaiki Laptop Jika 'Ngambek'
Tips

Tips Manual Memperbaiki Laptop Jika 'Ngambek'

by Intern 2
Wed, 06-Dec-2017

Laptop atau komputer jinjing sudah sejak lama digunakan untuk menunjang pekerjaan. Tidak hanya pekerjaan, game atau permainan juga bisa dimainkan di laptop namun dengan spesifikasi yang tinggi, menurut jenis permainannya. Ketika menggunakan laptop, ternyata ada permasalahan yang terjadi. Jadi, jangan panik duluan sehingga ingin ngebanting laptop kamu. Coba cek beberapa tips dari permasalahan laptop kamu di bawah ini:

1. Kok Nggak Mau Ngecharge?

jalantikus.com

Mungkin ini pernah terjadi pada laptop kamu, Commuters. Kenapa laptop nggak mau mengisi daya? Nah ada beberapa faktor yang menjadi kemungkinan laptop kamu nggak mau mengisi daya. Pertama, ada kemungkinan baterainya menjadi penyebabnya. Baterai yang sudah rusak tidak akan mau mengisi daya. Coba isi daya dengan melepaskan baterai. Kedua, kabel pengisi daya rusak. Bisa jadi, jack penghubung ke lubang pengisi daya laptop sudah longgar. Kalau seperti ini, kamu bisa membeli kabel yang baru, Commuters.

2. Mengapa Tiba-Tiba Mati?

klikfix.com

Biasanya ini terjadi pada laptop yang sudah lama dibeli, dan penggunaannya hampir 24 jam sehari, wow! Nah, jika demikian, biasanya sih suhu laptop akan panas sekali. Inilah yang bikin laptop kamu 'modar'. Jika dibiarkan lama, akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Kemungkinan, kipas laptop sudah tersumbat debu, dan butuh thermal paste supaya laptop tetap dingin meskipun tanpa kipas portable.

3. Lemot

icampusindonesia.com

Problem yang paling banyak ini memang sering mengganggu kinerja laptop. Virus dan memori yang terbatas dapat menurunkan kinerja laptop. Untuk itu, hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan, dan sesering kali scanning laptop dengan antivirus. Jika masih terasa kinerja laptop 'berat', bisa jadi permasalahannya ada di sistem unit. 

4. Baterai Laptop Tak Seperkasa Seperti Dulu

rancahpost.co.id

Penggunaan laptop secara terus menerus membuat umur baterai menjadi 'sepuh', sehingga daya tahan baterai akan menurun. Ada cara untuk mengoptimalkan kinerja baterai laptop, yaitu pilih opsi hibernate, daripada menghidupkan dan mematikan laptop. Hibernate adalah fitur penghemat listrik yang ada pada sistem Windows. Jadi, jika laptop tidak digunakan namun file masih berserakan, file nggak hilang kok.  

5. Kok Nggak Nyambung ke Layar Eksternal?

patartambunan.com

Bagi yang suka menyambungkan laptop le layar eksternal atau proyektor, biasakan mencolok kabel yang menghubungkan layar ke laptop. Tapi, mungkin ada yang gagal menyambungkan laptop ke layar eksternal. Bisa jadi, gambarnya timbul kemudian hilang, atau tidak timbul sama sekali? Coba kamu periksa kabel yang menghubungkan keduanya. Apakah benar-benar sudah terhubung atau belum. Kedua, bisa jadi kabel daya layar eksternal belum terpasang. Sebelum membawa laptopmu ke reparasi komputer, ada baiknya kamu bisa cek sendiri permasalahan laptopmu. Ingat, kalau kerusakannya parah, jangan coba-coba membongkarnya kalau tidak ahli. [][teks @apra_manuela l foto pemmzchannel.com, kmcsolutions.us]