}
Tips Darurat Menghentikan Pendarahan
Tips

Tips Darurat Menghentikan Pendarahan

by Hagi
Wed, 17-Jan-2018

Yang namanya hidup, ada kalanya kita terluka. Fisik lho ya, bukan batin. Eaaaaa. Nah, kalo fisik terluka, kita bisa saja mengalami pendarahan. Tersayat, misalnya. Duh, pasti panik dan bingung untuk menghentikan keluarnya darah. Berikut ini sejumlah tips yang telah dikumpulkan LINIKINI buat kamu Commuters. Cekidot..

1. Gunakan Air. Air mengalir tak hanya membersihkan luka, tetapi juga membantu menghentikan pendarahan. Alirkan air dingin untuk menghentikan pendarahan. Atau alirkan air panas untuk mengkauterisasi luka, sehingga darah cepat menggumpal.

2. Oleskan Vaseline. Tekstur Vaseline yang seperti lilin dapat menghalangi aliran darah di luar kulit. Darah pada luka mempunyai waktu untuk menggumpal. Jika tak ada Vaseline, Anda dapat menggunakan pelembap bibir.

3. Oleskan Cuka. Khasiat astringen di cuka membantu membersihkan luka dari kuman dan menggumpalkan darah pada luka kecil. Oleskan sedikit cuka putih ke luka dengan bola kapas, dan tunggu pendarahan berhenti.

4. Gunakan Tepung Maizena. Taburkan sedikit tepung maizena ke luka. Jangan sampai menggosok atau menimbulkan goresan tambahan, ya. Anda dapat menekan tepung ke atas luka untuk membantu mempercepat proses. Saat darah berhenti, gunakan air untuk membilas.

5. Taburkan Gula Pasir. Tuangkan sedikit gula di permukaan luka. Sifat antiseptik gula akan membantu membersihkan luka. Taburan gula pasir juga secara bersamaan akan membantu proses pembekuan darah.

6. Gunakan Sarang Laba-laba. Ini adalah pilihan bagus jika Anda terluka saat mendaki atau di alam terbuka. Ambil beberapa sarang laba-laba [yang tidak ada laba-labanya!] dan tempatkan di atas luka, gulungkan jika perlu.

7. Oleskan Zat Antiperspiran. Deodoran memiliki aluminium klorida yang bekerja sebagai zat yang menghentikan aliran darah. Oleskan di jari Anda sebelum mengoleskannya di atas luka, atau gosokkan langsung ke luka Anda.

8. Gunakan Cabai Merah. Cabai akan membantu untuk menutup luka Anda dengan cepat dan menghentikan pendarahan. Metode ini menyakitkan. Jika sedang terburu-buru dan tahan nyeri, taburi beberapa potongan cabe rawit pada luka. Cepat bilas.

9. Gunakan Sebongkah Tawas. Ini adalah batangan yang mirip sabun dari mineral yang membantu untuk menghentikan pendarahan. Basahi sebongkah tawas dalam air dan gosok di atas luka dengan lembut. Biarkan mineralnya bekerja dengan sendirinya.

10. Gunakan Membran dari Telur. Selaput di bagian dalam cangkang telur ampuh menutup luka dan menyempatkan darah menggumpal. Kupas membran dari telur, usahakan potongannya sebesar mungkin, dan tempatkan di atas luka. [][teks @evaevilia666/wikihow.com | foto pixabay.com]