}
Tips Menulis Buku ala Dayat Piliang
Tips

Tips Menulis Buku ala Dayat Piliang

by Pohan
Mon, 05-Mar-2018

Jika melakukan pencarian di Google, menulis bisa digunakan sebagai terapi kesehatan jiwa. Kadang hal yang sulit kamu ungkapkan, atau tidak akan pernah kamu ceritakan langsung ke orang lain bisa kamu curahkan dengan menulis. Inilah tips menulis buku dari Dayat Piliang, penulis Distraksi Patah Hati:

1. Niatnya harus benar. Maksudnya bukan untuk kayak gaya-gayaan pengin punya popularitas atau segala macam. Itu pasti akan menghambat karena tujuannya beda. Itu bonus aja bukan sebagai tujuan untuk menulis. Menulis itu niatkan untuk berbagi, untuk memotivasi, mungkin untuk mengoreksi diri sendiri.

2. Jangan ragu, jangan takut jelek. Banyak penulis pemula, saya dulu ‘aduh males nulis, tulisan saya jelek’. Nggak apa-apa kalau nggak dimulai dari yang jelek itu gimana kita bisa bagus karena 'kan menulis semakin sering menulis semakin bagus tulisannya. Itu yang saya yakini.

3. Jangan patah semangat. Banyak orang menulis karena saking terlalu beratnya, pusing dengan tema yang mau diangkat. Jangan takut, perbanyak membaca, perbanyak nonton, perbanyak mendengar, perbanyak menyimak. Itu akan membuat inspirasi muncul, nggak mudah sih tapi bisa lebih memunculkan inspirasi.

Tempat yang menginspirasi untuk menulis menurut Dayat Piliang:

1. Coffee shop yang fokus kopi itu bakal membuat suasana tenang dan nyaman untuk menulis.

2. Kamar itu memang tempat privasi, kita tidak ingin diusik. Kalau kita tutup, tidak ada yang menganggu.

3. Mencari tempat hijau seperti di taman untuk mencari proses inspirasi. Catat poin-poinnya, bawa pulang ke rumah, dan jabarkan lagi mau nulis apa. [][teks & foto @pohanpow]