}
Tips Menulis Buku ala Fauzan Mukrim
Tips

Tips Menulis Buku ala Fauzan Mukrim

by Pohan
Wed, 07-Mar-2018

Padahal kamu sudah tau apa yang kamu inginkan. Tak jarang kamu merasa bingung untuk memulai. Setelah asyik mengunggah tulisan-tulisan di blog, akhirnya kamu berencana menghasilkan buku. Otomatis butuh persiapan. Apa saja? Inilah menurut Fauzan Mukrim, penulis Berjalan Jauh:

1. Tetap mencatat apapun yang kita lihat. Meskipun itu remeh temeh. Sekarang sudah banyak sarananya bisa di Facebook, atau di blog, atau di mana pun.

2. Harus punya keinginan untuk berbagi. Jadi, kalau bisa tulisan itu jangan buat diri sendiri dibagi buat orang lain juga.

3. Selalu minta pendapat sama orang, siapapun. Kita sebaiknya punya first reader,  misalkan punya tulisan minimal ada orang yang membaca pertama kali, karena menurut kita bagus, belum tentu menurut orang lain bagus.

Tempat yang menginspirasi untuk menulis menurut Fauzan Mukrim:

"Kenapa saya sering menulis di tengah-tengah pekerjaan? Jadi ketika misalnya  saya suntuk, saya nggak butuh tempat-tempat khusus kafe atau di mana. Di mana pun ketika misalkan inspirasi datang, saya bisa menulis. Saya selalu sedia aplikasi notes di HP saya. Ketika dalam perjalanan, saya di angkot atau di mana pun saya bisa menulis.” [][teks & foto @pohanpow]