}
Tips Memilih Semangka Terbaik
Tips

Tips Memilih Semangka Terbaik

by Hagi
Sat, 17-Mar-2018

Commuters suka semangka? Apa lagi kalo pas hari panas. Wah, semangka merah atau kuning yang dingin, pasti segar banget ya.. Tapi nyatanya, nggak semua semangka sesuai harapan. Ada yang rasanya nggak manis bahkan nyaris tanpa rasa. Lalu gimana cara milihnya? Berikut ini tipsnya boleh dicoba yaa..

1. Angkat dan Rasakan Ukurannya.

Pilih yang sedang saja yang beratnya sesuai untuk ukurannya. Semangka yang baik mengandung sekitar 90% air, dan semangka yang paling matang memiliki air paling banyak.

2. Cari Tanda Marahari.

Semangka matang biasanya memiliki bercak kuning yang menunjukkan bahwa ia matang di bawah sinar matahari. Sementara semangka dengan bercak putih menandakan bahwa buah itu diambil lebih awal, sebelum matang sempurna.

3. Perhatikan Ruas Hijau.

Semangka punya garis-garis hijau di sekujur buahnya. Semakin tua warna hijaunya, semakin matang semangkanya.

4. Cari Urat.

"Bekas luka" pada permukaan semangka “tak sengaja dibuat” lebah saat menyerbuki bunga dan membekas di permukaan. Semakin banyak urat yang dimilikinya, semakin banyak penyerbukan yang diterimanya, dan semangka jadi lebih manis.

5. Tepuk.

Letakkan semangka dekat telinga dan tepuk-tepuk dengan tangan. Jika terdengar nyaring maka semangka itu belum matang. Jika terlalu matang, bunyinya akan terdengar tebal. Namun, jika itu sempurna, maka akan terdengar dalam dan tidak menggema. [][teks @evaevilia666/berbagai sumber | foto shutterstock.com, arthome.kiev.ua]