}
Tips Selamat dari Banjir Informasi
Tips

Tips Selamat dari Banjir Informasi

by Hagi
Mon, 26-Mar-2018

Commuters, setiap saat, banyak informasi berkeliaran di sekitar kita. Berita benar, berita bohong, semua campur baur jadi satu. Tentunya, tidak semua harus ditanggapi. @endanasution berbagi tips agar tak terjerumus dan hanyut di era banjir informasi.

1. Dibaca dulu pelan-pelan. Diendapkan semalam dua malam. Dimengerti dengan baik.

2. Kalau dirasa penting, silakan cari sumber rujukan dan referensinya. Verifikasi. Kroscek ke sumber-sumber lain.

3. Jika masih penasaran, bolehlah menuliskan opini. Itupun dengan klaim bahwa opini itu hanya sepengetahuan kita yang terbatas. Mungkin saja opini ini berubah kalau ada informasi tambahan. Bukankah tidak ada hadiah untuk tanggapan tercepat atau yang paling sok tahu?

Sesungguhnya, punya posting di-share dan di-like banyak orang itu memang menyenangkan. Tapi sebaiknya, kita mementingkan informasi yang benar, bukan yang populer. Yang benar akan tetap benar sampai kapanpun. Sementara yang populer hari ini akan berumur hingga ada yang lebih populer sore nanti, atau esok hari. Begitu seterusnya.

Semua orang punya hak bicara. Tapi tak ada faedahnya jika kita merendahkan orang yang berbeda pendapat. Mereka tidak akan mengubah pendapatnya dan kita kehilangan waktu untuk melakukan hal lain yang lebih berguna. [][teks @evaevilia666 | foto certsi.es, FB Enda Nasution]