}
Ancang-ancang Beli Rumah Baru
Tips

Ancang-ancang Beli Rumah Baru

by Andiska
Thu, 05-Apr-2018

Membeli sebuah rumah adalah rencana jangka panjang semua orang yang belum punya rumah pribadi. Jangan sampai salah pilih karena tergiur dengan tren design-design terkini untuk kepentingan gengsi. 

Rumah idaman nggak melulu harus terlihat megah dan membanggakan Commuters. Lebih baik kamu memutar otak untuk mempertimbangkan pilihan rumah yang tepat. Hal-hal di bawah ini bisa kamu jadikan ancang-ancang ketika kamu ingin membeli rumah yang tepat untukmu. 

1. Mantapkan Lokasi

Jangan selalu memikirkan tentang lokasi yang strategis dengan alasan gampang untuk bepergian. Tapi, Commuters harus lebih peka dengan lingkungan lokasi yang akan dipilih. Hal terpenting untuk memilih lokasi adalah kemiripan lingkungan dengan tempat tinggal sebelumnya. Kalau sudah pas, nantinya kamu akan mudah beradaptasi. Commuters nggak mau kan dicap sebagai tetangga yang nggak bersahabat?

2. Matangkan Tipe

Untuk membeli sebuah rumah yang sudah jadi, kamu harus punya visi. Caranya, sebelum memilih tipe rumah, kamu harus sudah mantap dengan ruangan-ruangan apa saja yang kamu butuhkan. Visi yang mantap pasti akan membawamu ke tipe rumah yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan asal beli rumah tipe besar Commuters, nanti banyak ruangan yang mubazir lho..

3. Manfaatkan Furnitur Lama

Membeli rumah baru bukan berarti ganti furnitur. Kamu harus memanfaatkan furnitur lama untuk membuat rumah barumu tampak serasi. Misalnya, jika kamu dominan memiliki furnitur kayu pilihlah jenis serupa untuk melengkapi furnitur yang belum dimiliki. Atau, bisa juga untuk acuan memilih warna cat. 

4. Menghitung Biaya

Ini yang paling penting. Biaya pembelian rumah baru harus sesuai dengan tabungan yang sudah kamu persiapkan. Selain pembelian, pikirkan juga biaya perawatan dan peremajaannya. Jangan habiskan biaya di awal dan menyesal di akhir yaa Commuters..

5. Musyawarah

Setelah memutuskan semuanya. Ajak musyawarah pihak keluarga atau pasangan yang akan kamu ajak tinggal. Jika masukkan lain dari mereka menentang visi mu, cari jalan tengah untuk mendapatkan yang terbaik. Kamu harus bijaksana dalam menentukan keputusan musyawarah. 

Baiknya, kelima hal yang sudah kamu tentukan ini benar-benar harus kamu wujudkan demi rumah idamanmu. Jangan terburu-buru ya Commuters. [][teks @andiskaraf/tomatoenvy.com | foto pixabay.com]