}
Bahasa Inggris Itu Nggak Sulit
Tips

Bahasa Inggris Itu Nggak Sulit

by Intern
Wed, 11-Apr-2018

Commuters, pernah merasa kesulitan nggak sih saat menulis menggunakan Bahasa Inggris? Bahasa Inggris memang bukan bahasa asli kita, jadi wajar kalau kadang merasa canggung atau bingung menggunakannya.

Tapi, kalian tau nggak? Sekarang sudah banyak aplikasi web yang bisa digunakan untuk memeriksa kesalahan grammar Bahasa Inggris yang kalian tulis. Dijamin lancar deh nulis Bahasa Inggrisnya. Yuk kita kenali beberapa aplikasi hebat ini!

1. Grammarly

Grammarly adalah salah satu online tool terbaik untuk menulis dalam Bahasa Inggris. Aplikasi ini bisa menemukan dan memperbaiki lebih dari 250 jenis kesalahan grammar. Commuters bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis lho. Versi berbayarnya juga ada nih, kalau kalian mau memeriksa apakah suatu tulisan melakukan plagiarisme terhadap tulisan di internet, dan memberikan suggestion berdasarkan genre tulisan gunakan saja Grammarly Premium.

2. PaperRater

Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan, Commuters bisa langsung kunjungi ke paperrater.com, hanya dengan lakukan copy-paste untuk teks yang ingin kalian periksa. Namun, untuk melakukan proofreading terhadap tulisan sepanjang 5-20 halaman, kalian harus membeli versi berbayarnya seharga USD 14.95 per bulan.

3. Hemingway Editor

Kelebihan aplikasi ini adalah memberi tanda pada kalimat-kalimat yang terlalu panjang, menggunakan bentuk pasif, serta pemilihan kata yang terlalu kompleks. Mempermudah banget nih untuk mengetahui kalimat mana yang kurang tepat. Setiap kalimat atau pemilihan kata yang dianggap error akan diberikan highlight dengan warna yang berbeda.

4. SlickWrite

Tidak kalah mudah dengan aplikasi yang lainnya, menggunakan SlickWrite kalian tinggal melakukan copy-paste dan tulisanmu akan dikritik dari segi struktur, variasi kata, dan gaya penulisan. Aplikasi ini lebih cocok digunakan untuk kalian yang menulis novel atau tulisan fiksi lainnya menggunakan Bahasa Inggris.

5. ReflyEditor

Aplikasi ini memiliki fitur kata kunci. Kalian bisa membandingkan kata kunci yang ingin digunakan dengan referensi dari internet. Tentunya, fitur ini akan membantu kalian yang sering menulis di media online.

6. Expresso

Expresso merupakan aplikasi teks editor. Saat ini Expresso masih dalam tahap beta dan baru bisa digunakan melalui browser [web app]. Aplikasi ini memiliki berbagai skala ukuran penulisan. Baik pilihan vocabulary atau penggunaan grammar dalam kalimat. Waah makin efisien deh tulisan Bahasa Inggris kalian.

Yuk, coba sekarang! Daripada kebingungan dengan tulisan Bahasa Inggris, lebih baik cek terlebih dahulu yaa melalui beberapa aplikasi ini. Semoga bermanfaat ya Commuters. [][teks @syahrima | foto berbagai sumber]