}
Cara Hilangkan Kebiasaan Mendengkur
Tips

Cara Hilangkan Kebiasaan Mendengkur

by Intern
Thu, 19-Apr-2018

Kebiasaan tidur mendengkur atau lebih dikenal dengan istilah ngorok, seringkali membuat orang lain terganggu. Suara keras yang dikeluarkan saat tidur, membuat orang yang berada di dekat si pendengkur, menjadi sulit memejamkan mata untuk beristirahat.

Berdasarkan proses metabolisme tubuh, seseorang menarik dan mengeluarkan nafas melalui hidung sebanyak 28 ribu kali setiap harinya. Ini karena adanya lima sensor berupa syaraf yang langsung terhubung dengan otak. Nah, kadang salah satu efeknya adalah mendengkur.

Commuters mau mengurangi mendengkur saat tidur? Coba ikuti cara-cara ini yaa.

1. Ubah Posisi Tidur

Jangan sepelekan posisi tidur yaa. Posisi yang nggak nyaman saat tidur itu bisa membuat kamu mendengkur lho. Coba miringkan tubuhmu dan pejamkan mata. Salah satu hal yang membuat mendengkur adalah posisi tidur saat terlentang.

2. Atasi dengan Bantal

Kadang, letak kepala yang terlalu sejajar dengan tubuh juga menjadi faktor membuat kamu mendengkur saat tidur. Nah, atasi dengan bantal. Angkat dan atur letak kepalamu agar lebih tinggi dari tubuhmu yaa.

3. Hirup Uap Air Sebelum Tidur

Sebelum tidur, cobalah basahkan handuk dengan air hangat dan hirup uapnya. Lakukan cara ini selama 10 menit. Cara ini akan menghilangkan lendir penyebab hidung tersumbat dan menghalau udara kering yang masuk ke rongga hidung.

4. Turunkan Berat Badan

Yuk, mulai sekarang jaga berat badan. Terlalu gemuk itu dapat menyebabkan tidur mendengkur lebih kencang lho. Untuk menurunkan berat badan, pastinya kamu juga harus menjaga pola makan dan hidup sehat ya.

5. Tidur Cukup

Jika kamu merasa sudah melakukan semua cara tersebut, namun masih suka mendengkur saat tidur, sudah saatnya kamu benahi waktu tidurmu Commuters. Terlalu lelah itu bikin kebiasaan mendengkurmu semakin sulit hilang lho.

Semoga bermanfaat ya, silakan dicoba beberapa cara mudah ini. Dan pastikan tidurmu ditemani mimpi indah ya Commuters. [][teks @syahrima | foto pexels.com]