}
Cara Agar Tidak Mudah Gemuk
Tips

Cara Agar Tidak Mudah Gemuk

by Pohan
Wed, 03-Jun-2015

Seseorang yang memiliki karakter impulsif, kontrol dirinya rendah, serta punya pikiran obsesif terhadap makanan lebih berisiko mengalami binge eating [kesulitan mengendalikan nafsu makan]. Bila nafsu makan yang berlebihan sulit untuk dikendalikan bisa menyebabkan kegemukan. Tidak sulit untuk mengontrol makan asalkan niat dan simak cara-cara di bawah ini:

1. Makan Sesuai Porsi

Menurut Amy Shapiro MS, RD, CND dari Real Nutrition NYC, satu-satunya alasan kenapa makanan bisa bikin gendut adalah porsinya.

2. Makanan Berserat

Konsumsi makanan yang mengandung serat. Sayuran paling utama, salah satunya daun selada yang mengandung serat sebanyak 0,6 gram per 100 gram bahan.

3. Porsi Makan Kecil

Menurut Stephanie Middleberg, MS, RD, CDN dari Middleberg Nutrition, ketika mendapat pilihan porsi makan besar atau kecil, pesan porsi yang kecil.

4. Banyak Minum Air Mineral

Menurut Shapiro, minum 8 gelar air mineral per hari bisa membantu tetap langsing. Tambahkan lemon untuk memberi rasa dan sumber vitamin C.

5. Makan Camilan

Saat bersiap tidur, tiba-tiba rasa lapar datang. Jika sudah tidak bisa menahan lapar, makan biskuit gandum atau yoghurt.

6. Jadi Vegetarian Sementara

Middleberg sebagai ahli nutrisi menyarankan belajar jadi vegetarian dan mulai mengurangi asupan protein hewani.

7. Olahraga Minimal 3 Jam

Luangkan waktu minimal 3 jam dalam seminggu untuk berolahraga. Kalau tidak sempat pergi ke tempat gym, lakukan sit-up di rumah atau lari pagi juga menyehatkan tubuh.

8. Sarapan

Jangan malas untuk mengisi perut di pagi hari. Penelitian membuktikan bahwa sarapan bisa membantu metabolisme dalam tubuh dan mencegah seseorang makan lebih banyak di malam hari.

9. Langsung Tidur di Malam Hari

Menurut penelitian, kurang tidur akan mempengaruhi nafsu makan Anda pada siang hari. [][teks berbagai sumber | foto superfoods.gr, bodybuildingsupplements.blog.com]