}
Tetap Produktif Selama Puasa
Tips

Tetap Produktif Selama Puasa

by Intern 2
Tue, 29-May-2018

Meskipun hari kemenangan sebentar lagi tiba, jangan sampai semangat Commuters dalam menjalankan ibadah puasa menurun. Kita harus tetap produktif selama puasa, ya.

Berikut tips produktif selama puasa yang bisa kita lakukan.

1. Mengatur asupan makanan dengan bijak

Lemas saat berpuasa, seharusnya jangan jadi alasan bagi Anda untuk tidak khusyuk dalam beribadah. Anda masih bisa menjalankan ibadah dengan sempurna dan tetap produktif selama puasa, asal bisa mengatur asupan makanan dengan bijak dan kebutuhan kalori sehari-hari tercukupi.

2. Bikin rencana harian

Beberapa orang senang membuat rencana harian karena membuat mereka menjalani hari tersebut dengan mudah. Dengan menuliskan perencanaan, juga dapat meminimalisasi lupa mengerjakan sesuatu.

3. Kerjakan hal penting sesudah sahur

Sesudah sahur, tubuh penuh energi. Nah, manfaatkan waktu ini untuk mengerjakan hal-hal penting di hari tersebut. Seperti mengerjakan materi presentasi, tugas kuliah, atau belajar. Ketika hal penting sudah dilakukan, sore hari bakal lebih mudah dijalani.

4. Punya jadwal kegiatan selama bulan puasa

Di bulan suci Ramadan, biasanya sebagian orang ada yang ingin setiap hari membaca al-Qur'an atau salat tarawih bersama keluarga. Sehingga, ketika punya tujuan dan jadwal kegiatan lainnya, hal itu tentu membuat Anda semangat dan puasa menjadi semakin produktif.

5. Istirahat

Manfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat dari aktivitas harian. Jika ada waktu, bisa dengan tidur 15 menit. Tidur siang 15-20 menit terbukti membantu meningkatkan kerja otak. Waktu tidur ini baik untuk meningkatkan kewaspadaan dan keterampilan motorik. Setelah melakukan berbagai aktivitas, jangan lupa untuk melakukan istirahat ya Commuters, supaya kembali bersemangat untuk menjalankan aktivitas selanjutnya.

Puasa bukan berarti malas-malasan ya, Commuters. Kita harus tetap produktif menjalankan aktivitas di bulan suci ini. Semangat! [][teks @yolabonnita/berbagai sumber | foto berbagai sumber]