}
Ubah Bad Mood Jadi Good Mood
Tips

Ubah Bad Mood Jadi Good Mood

by Intern 2
Tue, 05-Jun-2018

Mood atau suasana hati memang tiba-tiba mendadak bad mood atau buruk, entah itu karena pekerjaan, rutinitas, atau hubungan percintaan, keluarga, pertemanan yang membosankan.

Menurut para psikolog, mood atau suasana hati adalah kondisi perasaan seseorang terus berwarna dan berganti setiap saat, tergantung dari pemilik perasaan tersebut. Waktu yang dialami juga tentatif dan tidak tentu. Beberapa orang merasa mood-nya baik dalam waktu 3-4 hari ataupun hanya bahagia sebentar saja, misalnya 1-2 jam.

Namun, mengubah mood menjadi baik sebenarnya tidaklah terlalu sulit asalkan tahu bagaimana cara menghadapinya.

Nah, Commuters bisa tiru tips di bawah ini agar aktivitas keseharian kalian menjadi terasa ringan dan bahagia.

#Berjalan kaki di bawah sinar matahari

Bukan berpanas-panasan, tetapi berjalan dengan menikmati alam, bisa di taman. Sederhananya, cobalah menikmati momen matahari terbit dengan warna langitnya yang bercahaya, lalu hiruplah udara dalam-dalam. Hmm, pasti jauh lebih tenang dan jadi lebih bersyukur, Commuters.

#Secangkir cokelat hangat

Tidak ada yang lebih menyenangkan bila bisa menikmati secangkir cokelat hangat.

#Manjakan diri sendiri

Tak ada salahnya memanjakan diri sendiri. Lakukan apa yang kamu sukai, entah itu berbelanja, menikmati yoghurt, frappucino, camomile tea, atau apa saja yang membuat kamu merasa nyaman. Percayalah, ada salah satu dari faktor memanjakan diri ini yang akan membuat mood kamu jadi bagus. 

# Mencoba kelas zumba

Nah, sesekali cobalah ambil kelas zumba. Selain manfaatnya untuk olahtubuh, gerakan dalam kelas dengan iringan musik yang berdentum akan membuat perasaan jadi lebih baik.

Bertemu dengan teman-teman dalam kelas berkelompok yang juga terlihat menikmati gerakannya juga akan membuat semangat kamu kembali muncul.

#Menarilah

Menari sendirian? Ya, di saat seperti ini, silakan berekspresi sesukanya dengan musik yang kamu sukai. Lepaskan apa yang kamu inginkan dengan bergerak semaunya. Ini selalu jadi momen yang menyenangkan.

#Mendengarkan musik

Musik memang mempunyai energi yang dahsyat. Ambilah headphone dan segeralah putar musik dari artis yang paling disuka.

Nikmati sensasi bunyi dari alat musik yang mempesona itu atau sensasi suara penyanyinya. Dijamin mood yang buruk perlahan-lahan akan berubah menjadi netral kemudian menjadi baik.

#Peluk peliharaan atau benda kesayanganmu

Jika punya piaraan seperti anjing atau kucingmu, cobalah peluk barang sekejap.

Tak ada yang lebih menenangkan saat merasakan bulu-bulunya menyentuh kulitmu, atau saat ia meletakkan tangan-tangan mungilnya di pundakmu.

#Meditasi

Ketika semua di luar riuh dan serba cepat, cobalah bermeditasi. Ambil lokasi yang menenangkan, sendirian, entah itu di ruang kamar, atau taman. Lima menit meditasi pun akan menenangkan.

#Bersih-bersih

Aksi bersih-bersih rumah, dari mulai kaca, tempat tidur, kamar, dan ruang lainnya, akan memberi kenikmatan tersendiri. Apalagi ketika melihat hasilnya.

#Curhat

Berbagi cerita dengan teman akan melepaskan rasa penat dan beban berat. Cobalah kontak atau ajak hang out teman-temanmu.

Selamat mencoba, Commuters! [][teks @yolabonnita, kompas.com, liputan6.com | foto rimma.co, ngopibareng.id]