}
Cas Cis Cus Inggris Tanpa Kursus
Tips

Cas Cis Cus Inggris Tanpa Kursus

by Yogira
Thu, 04-Jun-2015

Ngomong cas cis cus Bahasa Inggris keliatan asyik ya. Semakin mantap kalo kita bisa menulis bahasa resmi internasional ini.

Yup, hari gini, belajar Bahasa Inggris penting lho. Pas ketemu bule, kita nggak belepotan ngomong sama mereka. Pas mau kerja, kita juga pede bikin surat lamaran pake bahasa Inggris, juga saat interview.

Memang banyak tempat kursus Bahasa Inggris. Tapi, kalau kamu merasa sibuk atau belum punya duit buat bayarnya, coba deh belajar sendirian alias ototidak.

Banyak kok orang yang mampu berbahasa Inggris secara otodidak. Meskipun kemampuannya relatif alias nggak bisa dinilai secara akademis, toh, belajar Bahasa Inggris secara ototidak sangat membantu karier dan pekerjaan, plus murah lagi.

Berikut adalah tips sederhana kalo kamu  memang belajar bahasa Inggris secara otodidak

Cari Partner Belajar - Kamu bisa ajak teman atau saudara ngomong bahasa Inggris. Lebih oke, kalo partnermu itu sama-sama seneng belajar bahasa Inggris. Jangan kuatir salah, yang penting praktek aja dulu.

Dengerin Lagu Barat - Kalo kamu anak gaul, pasti sering denger lagu-lagu Barat. Bukannya sok kebarat-baratan ya, tapi cara ini bisa melatih kemampuan listening [mendengarkan] dan pronunciation [pelafalan] bahasa Inggris kamu

Nonton Film Barat - Cara ini sangat membantu dalam hal conversation [percakapan],  vocabulary [kosa kata], pronunciation, dan listening. Semakin sering kamu belajar bahasa Inggris melalui film Barat, percaya deh, kamu cepat bisa ngomong Bahasa Inggris

Belajar Grammar - Tata Bahasa Inggris [grammar] sangat membantu kamu dalam hal berbahasa Inggris yang benar. Materi Tenses [bentuk waktu] adalah salah satu contoh grammar yang bisa jadi bahan latihan utama agar kamu mampu menguasai materi grammar lainnya.

Buka Kamus - Nah, yang ini bagus bagi yang ingin mengumpulkan kosa kata Bahasa Inggris sebanyak-banyaknya. Sekarang zaman gadget, kamu bisa install google translate atau kamus Bahasa Inggris digital. Praktis kan?

Menerjemahkan - Cara ini juga bagus untuk memperbanyak kosa kata agar kamu lebih banyak pilihan kata saat ngobrol maupun menulis. Bahan terjemahan, yang simpel saja, misalnya dari berita atau artikel berbahasa Inggris.

Menulis Artikel Bahasa Inggris - Cara ini mungkin bisa dilakukan kalau kamu sudah menguasai grammar dan sering menerjemahkan. Tapi nggak apa-apa juga sih kalo cuma melatih kepekaan dalam menulis. Lama-kelamaan juga pasti kamu jadi penulis Bahasa Inggris yang sesuai kaidah tata bahasa.

Media Sosial - Manfaatkan media sosial, terutama facebook, skype, dan twitter. Di facebook misalnya, coba deh kamu banyak nge-like page media-media berbahasa Inggris atau Page belajar Bahasa Inggris atau add friend teman bule. Skype juga sangat membantumu untuk chating online Bahasa inggris secara audio visual dengan teman kamu.

Komunitas - Bergabunglah dengan komunitas pencinta bahasa Inggris untuk melatih secara nyata dalam berbahasa Inggris. Sekedar contoh: di Jakarta ada EnglishOPTIMIZer dan Britzone, di Bandung ada ESP RRI Program.   

Manfaatkan Turis - Kalau kamu kebetulan ketemu sama turis, jangan sungkan atau sok akrab aja ngajak kenalan dan ngobrol. Biasanya sih turis seneng aja kalau ada orang Indonesia ngajak kenalan. Malah mereka nyangka, kita ramah lho.

Tekun dan Penasaran - Tapi percuma kalo tips-tips barusan tadi nggak kamu terapkan secara tekun. Jadi, kamu harus terus-menerus belajar merealisasikan poin-poin tips tadi. Lebih bagus lagi kalau kamu memang suka penasaran untuk mencari tahu gimana belajar Bahasa Inggris yang efektif. [][teks @firza | foto learn-english-forum.org/bangordailynews.com]