}
Apa Kamu Lakukan Kalau Internet Mati?
Tips

Apa Kamu Lakukan Kalau Internet Mati?

by Yogira
Fri, 19-Jun-2015

Di abad beton ini, internet jadi kebutuhan sebagian banyak orang, terutama yang bekerja di kantoran, seperti karyawan bank, wartawan, desainer, dan karyawan lain yang membutuhkan jaringan internet.

Tapi apa jadinya kalau internetnya sering mati atau loading-nya kayak keong? OMG! Yang biasa kerja dengan internet terasa di ambang kiamat. Mencak-mencak, atau ngegerundel. Yang penyabar, ya sekedar mengelus dada.

Yup, internet mati bisa bikin stres, apalagi kalo kerjaan lagi dikejar deadline. Tapi, jangan dulu mati gaya. Sebenernya kita bisa melakukan hal lain sembari menunggu internet ‘insyaf’ lagi seperti sedia kala.

Pejamkan mata

Cara ini bisa jadi selingan menyehatkan ketika internet sebentar mati, sebentar hidup. Pejamkan saja beberapa menit. Kalau internet matinya lama, tidur saja sekalian.

Menulis diari atau menggambar

Menulis curhat  baik untuk kejiwaan, apalagi kalau sedang stres. Begitu juga menggambar, bisa bikin pikiran rileks. Kalau ada kekesalan, jangan dipendam. Ungkapkan saja dengan tulisan atau gambar, misalnya tentang internet mati.

Olahraga ringan

Daripada bengong lihat loading internet yang menyebalkan atau diejek pengumuman “server not found” di layar komputer, lebih oke beranjak dari kursi, dan gerakan tubuh dengan olahraga ringan. Itu lebih sehat daripada kesal.  

Gaul di media sosial

Cara ini khusus yang punya smartphone dengan kuota yang cukup. Tapi kalo yang cuma mengandalkan WiFi, ya wassalam. Lebih baik main games aja di HP, atau jalan-jalan ke luar beli pulsa yang cukup buat internetan.

Bikin meeting dadakan

Biasanya meeting di kantor udah dijadwalkan sebelumnya. Nah karena internet lagi mati, kali-kali boleh dong meeting dadakan. Misalnya, bahasan utamanya, gimana cari solusi tetap bisa kerja dengan kondisi internet sering mati.

Rapikan file

Nah, aktivitas ini biasanya yang bikin terlupa kalau internet lagi kenceng. Malah males aja, ngontak-ngatik file yang tersimpan berantakan di komputer. Jadi, cobalah rapikan file sambil menanti internet ‘rapi’ lagi.

Saling pijit badan

Kelamaan duduk, biasanya bikin leher pegal-pegal. Badan juga kayak masuk angin kalau hembusan AC begitu bengis menerjang badan. Nah, saling pijit badan sesama teman bisa jadi aktivitas menyenangkan. Tapi ingat, jangan di kamar ya.

Ikut ngotak-ngatik jaringan internet

Cara ini oke bagi yang penasaran banget soal gangguan jaringan internet. Coba deh,  seolah-olah jadi ‘anak magang’ mengikuti teman kamu yang jago IT memperbaiki jaringan internet. Siapa tahu, kamu bisa gantiin posisi dia. [][teks @firza | foto advancedcomputers.co.uk /monitor.co.ug]