}
Cara Cepat dan Efektif Mempelajari Sesuatu
Tips

Cara Cepat dan Efektif Mempelajari Sesuatu

by Hagi
Mon, 22-Jun-2015

James Altucher pernah bilang, talent is the seed of skill --bakat adalah bibit dari ketrampilan. Tapi gimana kita tau bahwa kita berbakat? Caranya gampang: pelajari saja apa yang kamu sukai, apa yang gemar kamu baca, apa yang sering kamu lakukan dengan rasa senang.

Nah, ini adalah daftar teknik belajar yang lebih cepat dan efektif. Simak --jika menyimak adalah juga bakat kamu-- ya.

1. Cintai kegiatanmu. Orang yang mencintai kegiatannya akan mengalahkan orang lain yang cuma suka atau benci sama kegiatan itu.

2. Baca. Nggak mesti dari text book, tapi dari semua jenis bacaan, terutama tentang hal-hal yang kamu sukai.

3. Coba, tapi nggak usah maksa. Kalo kamu percaya gagal adalah sukses yang tertunda, maka jangan pernah berhenti mencoba.

4. Carilah guru. Atau paling nggak, mentor. Yang bakal memonitor proses belajarmu. Dan bisa bikin kamu belajar 10 kali lebih cepat.

5. Lakukan studi sejarah, dan bandingkan dengan masa kini. Dari sana kita bisa tau bagaimana suatu lompatan ilmu bisa terjadi, dan bisa diikuti.

6. Buat satu proyek kecil. Dari praktek langsung, kita bisa tau merealisasikan ide dan membereskan masalah yang mungkin terjadi saat mewujudkannya.

7. Evaluasi pekerjaanmu di masa lalu. Pengalaman masih merupakan guru terbaik. Dari sana kita bisa belajar cara bangkit dari kegagalan.

8. Kamu punya kemiripan dengan lima orang di sekitarmu. Dan karena punya kesamaan, bekerjasama lah demi kemajuan bersama.

9. Lakukan sesering mungkin. Lancar kaji karena diulang, lancar jalan karena diturut. Practise makes perfect.

10. Siapkan rencana jahatmu. Karena cara ini bikin kamu selalu punya sudut pandang lain dalam menyikapi masalah, terutama saat mentok. [][teks @evaevilia/boingboing.net | foto freeimages.com]