}
Pandai Memilih Baju Lebaran
Tips

Pandai Memilih Baju Lebaran

by Sherra
Fri, 26-Jun-2015

Lebaran biasanya identik dengan baju baru. Apa kamu sudah beli baju untuk Lebaran? Kalau belum, kamu perhatikan hal-hal berikut sebelum membeli biar nyaman di hari kemenangan nanti.

1. Sesuaikan dengan aturan agama

Saat lebaran, tentunya kita bersilaturahmi dengan sesama, entah keluarga, tetangga, saudara, teman-teman. Sesuaikanlah pakaianmu dengan aturan agama agar sopan dan jangan sampai saltum. Pilihlah yang menutupi aurat dan nggak ketat.

2. Pilih busana yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas

Saat Lebaran, masing-masing memiliki aktivitas yang bebeda. Ada yang berkunjung rumah kerabat, ada juga yang menetap di rumah. Kalau banyak beraktivitas, sebaiknya pilih busana yang nggak mudah kusut, nyaman, dan menyerap keringat. Sedangkan untuk di rumah, pilihlah busana muslim yang simpel.

3. Mixed and matched

Walaupun sudah beli yang baru, jangan lupa untuk mencocokkan dengan busana di rumah. Lumayan 'kan kalau bisa dipadukan dan bikinan kamu yang stylish.

4. Pilih model dan warna yang tepat untuk badan

Cobalah cari model busana muslim yang dapat menggurangi kekurangan kamu. Kalau badan kamu kecil, busana muslim tumpuk dengan warna cerah bisa jadi pilihan. Begitupun dengan tubuh gemuk, lebih baik gunakan busana warna yang agak gelap. Untuk Lebaran, umumnya menggunakan busana warna putih.

  • Bentuk tubuh persegi atau lurus

    Percantik penampilan dengan baju yang memiliki bentuk lekukan tubuh atau potongan dan detail di pinggang. Hindari busana dengan model ketat karena itu akan memperjelas bentuk badan.
  • Bentuk tubuh jam pasir

    Bentuk badan jam pasir memiliki kelebihan pada lekuk tubuh. Cobalah untuk bereksperimen detail di pinggang. Hindari pakaian berbahan tebal dan berat seperti rajut karena akan membuat badan lebih bervolume dan terlihat buruk.
  • Bentuk badan mungil

    Usahakan nggak pakai baju yang terlalu panjang karena itu akan membuat kamu terlihat pendek dan nggak menarik. Sebaiknya pakailah busana yang pas dengan tubuh dan nggak ketat.

5. Pilih bahan yang nyaman

Nggak mau 'kan kalau Lebaran kamu terganggu dengan baju yang dikenakan? Nah, lebih baik dicoba dahulu sebelum membeli daripada kamu berkutat dengan busana yang bikin gatal atau kepanasan.

6. Pilih model yang nggak pasaran

Nggak mau 'kan kalau tiba-tiba terlihat ‘kembar’ dengan orang lain? Hihi...Begitu pula saat memilih busana untuk anak-anak. Pilihlah yang mereka suka, sesuaikan dengan warna kulit, bahan yang nyaman, dan tentunya sesuaikan harga dengan budget. Jangan sampai besar pasak daripada tiang!

“Baju baru, Alhamdulillah..Tuk dipakai di hari raya
Tak punya pun tak apa-apa.. Masih ada baju yang lama~”

Well, pandai-pandailah saat belanja baju Lebaran ya. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto dailymail/corbis]