}
Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik
Tips

Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

by Sherra
Wed, 08-Jul-2015

Mudik menjelang Lebaran sudah jadi tradisi. Kalau Anda mau meninggalkan rumah, persiapkan ya pengamanannya. Entah itu aman dari pencuri maupun korsleting listrik. Nah, biar Anda merasa tenang dan nyaman dalam perjalanan saat mudik, Anda bisa mengikuti tips berikut.

1. Hindari hal-hal yang dapat menunjukkan bahwa rumah sedang kosong agar tidak menarik perhatian pelaku kejahatan. Misalnya, kalau Anda berlangganan koran, mintalah loper koran untuk tidak mengirimkan koran selama mudik. Akan terasa aneh kalau ada tumpukan koran di depan rumah.

2. Jangan sampai lampu luar rumah
terus dalam keadaan menyala selama pergi, apalagi menyala saat siang. Kalau perlu, pasang lampu otomatis yang dapat mati saat terang dan menyala sendiri saat malam. Bisa juga titip pada tetangga mengenai penerangan lampu ini.

3. Buanglah semua sampah pada tempatnya. Jangan sampai Anda meninggalkan sampah organik karena akan mengundang hewan kecil dan bau.

4. Tutup juga bak mandi atau tempat air lain. Jangan sampai jadi tempat tinggal jentik nyamuk.

5. Titipkan binatang peliharaan
di pet shop. Nggak mungkin kan meninggalkan mereka tanpa pengawasan selama mudik berhari-hari?

6. Matikan aliran listrik yang tidak perlu untuk menghindari hubungan arus pendek serta kompor gas guna menghindari bahaya kebakaran.

7. Lapor kepada pihak RT atau tetangga sebelah rumah bahwa rumah dalam keadaan kosong karena mudik.

8. Apabila tinggal di komplek perumahan, usahakan satpam untuk mengetahui bahwa rumah Anda dalam keadaan kosong.

9. Anda bisa letakkan sandal atau sepatu di halaman rumah untuk mengecoh calon pencuri, seolah-olah di dalam rumah atau kamar tersebut masih ada orangnya.

10. Selama mudik, pastikan tidak meninggalkan barang berharga seperti uang dan perhiasan di rumah. Agar lebih aman, simpan perhiasan dan uang di bank atau saudara yang dipercaya.

11. Pastikan semua pintu dan jendela rumah terkunci rapat sebelum meninggalkan rumah. Ganti atau perbaiki bila ada kunci yang rusak atau tidak berfungsi optimal.

12. Jangan simpan kunci rumah di tempat tertentu seperti pot atau keset. Lebih baik titipkan rumah pada orang yang dipercayakan, tetangga atau satpam perumahan.

13. Bila memang diperlukan, pasang alarm sekuriti di rumah atau memasang kamera CCTV di beberapa titik di rumah seperti halaman rumah, ruang tamu dan ruang tidur.

14. Setelah kiat pengamanan dilakukan, Anda juga berpasrah diri dan berdoa kepada Tuhan dengan menitipkan seluruh harta benda yang merupakan rezeki dan karunia dari-Nya.

Mudah-mudahan dengan ikhtiar dan berdoa, Anda bisa mudik secara tenang. Aamiin. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto pcglad.com/ news.com.au]