}
 Andai Tak Bisa Mudik
Tips

Andai Tak Bisa Mudik

by Yogira
Sun, 12-Jul-2015

Gimana rasanya nggak mudik? Sedih? Cuek? Atau malah senang? Nah, siapapun yang memutuskan nggak mudik, ada beberapa hal menyenangkan, bahkan bermanfaat. Apa aja ya?

Menenangkan Diri

Yang biasa tinggal di Jakarta dan sekitarnya, ini jadi momen yang asyik lho. Menenangkan diri dari rutinitas kerja dan ramainya ‘tetangga sebelah’ sementara sirna dengan keheningan. Lumayan lah buat menyantaikan hati dan pikiran.

Ngirit Duit

Mudik biasanya ngeluarin duit. So, bersyukurlah yang nggak mudik. Bisa ngirit duit. Kamu bisa belajar nabung ‘kan. Nanti hasilnya, boleh deh puas-puasin untuk belanja atau jalan-jalan.

Istirahat Cukup

Yang mudik pasti ada lelahnya ya, apalagi kalau perjalanannya jauh. Nah, kamu yang nggak mudik, lebih enang dong, bisa santai dan berleha-leha. Gunakan aja waktu liburan panjang dengan istirahat secukupnya agar badan lebih fit.

Beberes Rumah

Daripada bengong nggak karuan di rumah, beberes rumah bisa jadi pengusir kebosanan. Ya kali-kali dong kamu berolahraga. Siapa tahu kalau ada tamu yang mau silaturami, kan jadi bangga, rumahnya bersih dan rapi.

Puasin Internetan di Tempat Nongkrong

Yang suka internetan, bisa manfaatin waktu mudik untuk online di tempat nongkrong ber-Wi-Fi gratis. Pastinya lebih enjoy karena loading-nya lebih cepat. Soalnya bandwidth-nya nggak harus berbagi ke banyak orang.
 

Ngeronda atau Gantiin Satpam

Nah, ini buat kamu yang biasanya jarang gaul dengan aktivitas warga sekitar atau tetangga kompleks. Coba sekali-kali ngeronda atau gantiin Satpam yang mudik. Siapa tau kamu bisa menangkap pencuri.

Bebas Berkendara

Pusing dengan kemacetan ibukota? Coba deh jalan-jalan keliling Jakarta pas Lebaran. Jalanan akan sepi dan kamu bebas berkendara ke jalur-jalur yang biasanya macet. Rasakan sensasinya.

Hunting Foto

Kamu yang hobi fotografi, nggapain juga diam di rumah kalau memang nggak mudik? Momen kayak gini asyiknya dipake untuk hunting foto. Cari lokasi-lokasi yang keren. Dijamin, cuma sedikit gangguan orang dan mobil yang lalu-lalang.

Ekspresikan Hobi

Ekspresikan aja hobi yang sekian lama terpendam karena sibuk kerja atau sekolah. Biasanya ide-ide akan muncul kalau hati dan pikiran sedang tenang dan nggak ada gangguan.

Telepon-Teleponan

Kalau memang merasa sedih nggak bisa mudik, ajaklah teman atau saudara di kampong halaman untuk bertelepon. Ini sangat membantu secara psikologis kamu yang kangen  kampung halaman. [][teks @firza/kaskushootthreads.blogspot.com, berbagai sumber | foto best-freelance-writing-websites-uk.essay4u.org, rochkehidupan.blogspot.com]