}
Tata Rumah Jelang Lebaran
Tips

Tata Rumah Jelang Lebaran

by Sherra
Tue, 14-Jul-2015

Pada momen Idul Fitri nanti, mungkin akan banyak tamu yang akan bertandang ke rumah Anda, baik itu saudara terdekat, tetangga, maupun rekan yang mungkin datang dari jauh.

Nah, biar tamu betah berada di rumah Anda, simak sedikit tips untuk menata rumah agar tamu merasa nyaman saat berkunjung.


1. Pertama kali yang dilihat adalah halaman atau teras. Usahakan merapikan tanaman yang layu dan berantakan. Bersihkan juga pot-pot yang tampak kotor, menyapu dan mengepel lantai teras, serta merapikan kursi-meja agar terlihat bersih dan terawat.

2. Coba cek di beberapa bagian rumah. Apa ada yang kusam atau penuh dengan coretan anak? Segeralah cat ulang dengan warna yang bisa membuat orang nyaman. Nggak perlu semua ruangan, cukup ruang keluarga, ruang berkumpul, atau ruang makan.

3. Bayangkan akan ada berapa orang yang akan bertamu ke rumah? Ubah tata letak ruangan seperti bangku, meja, dan pernak-perniknya. Buatlah agar tamu nyaman bergerak. Letakkan beberapa meja kecil untuk kudapan yang bisa diisi dengan kue-kue kering atau permen.

4. Kalau bangku nggak mencukupi untuk banyak orang, Anda bisa set ruangan menjadi lesehan. Jangan lupa bersihkan karpet dan sofa! karena debu dan noda bisa bikin tamu-tamu nggak nyaman. Bersihkan dengan alat penyedot debu dan jemur sebentar di bawah sinar matahari untuk menghilangkan serangga-serangga kecil yang mengganggu. Kalau nggak punya banyak waktu, laundry aja.

5. Kalau ada budget lebih, Anda bisa mengganti kain sofa, tirai, bantal sofa, dan warna dinding dengan warna hangat seperti oranye muda, kuning, merah bata atau krem. Semua warnanya mesti senada ya dengan tema ruangan.

6. Sebaiknya pajangan atau aksesoris di atas meja disingkirkan dulu. Itu akan memberikan kesan ruangan lebih luas.  Anda bisa menghias meja dengan toples-toples bening dan cantik, yang berisi aneka kue kering atau permen cokelat dengan bungkus warna-warni. Dijamin, tamu akan tergoda untuk mencicipi. Ukurannya jangan terlalu besar, pilih toples mungil supaya meja nggak terlihat penuh.

7. Jika berniat mengganti taplak meja di ruang tamu, pilihlah yang warna dan motifnya menarik agar ruang tamu atau ruang makan semakin terlihat cantik.

8. Seringkali kita mengajak tamu untuk mencoba masakan khas Lebaran. Agar nggak terlalu repot mencuci peralatan makan, sediakan peralatan makan yang bersih lebih banyak dari biasanya.

9. Setelah ruangan rapi, berikanlah pengharum ruangan. Lebih bagus Anda menggunakan bunga segar sebagai pengharum ruangan alami sekaligus untuk memperindah suasana. Pilih bunga yang menebarkan harum menyenangkan seperti: sedap malam, anyelir, lily, krisan, aster, atau melati. Sediakan dua hingga tiga vas atau mangkuk dan letakkan di meja, di sudut, dan tengah ruangan.

10. Pembantu mudik? Wah, Anda jangan pernah absen untuk membersihkan rumah. Pastikan lantai rumah bersih setiap hari, apalagi tamu akan membuka alas kaki ketika masuk ke rumah. Jangan lupa juga untuk menyingkirkan debu dari pajangan, teve, keramik, kulkas, lemari, komputer dan kasa-kasa jendela.

11. Jangan lupa juga untuk membersihkan kamar mandi. Siapa tahu, tamu Anda ingin ke kamar mandi. Sikat kamar mandi sampai bersih hingga ke sudut-sudutnya. Selain itu, lap cermin, simpan semua toiletries ke dalam boks tertutup sementara, ganti handuk tangan dengan yang bersih, dan berikan pengharum ruangan.

12. Kalau Anda nggak memiliki ruangan khusus untuk shalat, Anda bisa menyiapkannya di kamar salah satu anggota keluarga selain kamar utama. Rapikan tempat tidur, karpet, meja, serta perabotan lain di dalamnya. Sediakan beberapa sajadah, sarung dan mukena bersih. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto distrohome.com, rainbow-nyc.com]