}
Bekal untuk Perjalanan Mudik
Tips

Bekal untuk Perjalanan Mudik

by Sherra
Mon, 06-Jul-2015

Menjelang hari raya Idul Fitri, banyak orang sudah bersiap-siap mudik. Supaya bisa menempuh perjalanan dengan aman dan lancar, Anda mesti melakukan persiapan fisik dan juga bekal di jalan, terutama untuk perjalanan jauh. 

Kira-kira, apa aja ya yang mesti dibawa dalam perjalanan mudik? Simak yaa.

1. Makanan

Hindari membawa makanan yang mudah basi, misalnya makanan bersantan. Bekal makanan untuk perjalanan sebaiknya disajikan dengan mudah dan cepat. Jadi,  pakailah kemasan atau pembungkus yang tidak akan merepotkan saat akan dimakan. Sebaiknya, kemasan bekal harus yang tahan lama dan bisa langsung dibuang seperti; aluminum foil atau plastic wrap.

Menu yang bisa dipilih:

  • Arem-arem
    Isinya bisa ayam, sayuran, atau oncom. Makanan ini padat dan mengenyangkan. Supaya tidak cepat basi, tentunya bawa yang masih baru. Kalau bisa sih, bikinan sendiri.
  • Macaroni schotel
    Selain mengenyangkan, makanan ini juga tidak cepat basi. Isinya: daging, susu, macaroni, keju, dan lainnya.
  • Sandwich
    Mengenyangkan dan praktis. Pastinya menjadi makanan favorit keluarga. Tapi, lebih baik roti dan isinya dibuat dan disusun saat mau dimakan agar tidak cepat basi.
  • Bakpau
    Teksturnya padat dan isinya bisa sesukanya, misal: daging, coklat, ayam, dan lainnya.
  • Buah-buahan
    Supaya badan tetap bugar, tetap sedia buah-buahan, seperti: pisang, apel, jeruk dan lainnya bisa jadi alternatif. Sehat dan mengenyangkan!
  • Nasi Timbel
    Nasi timbel bisa divariasikan dengan empal, ayam, tahu, tempe, dan sebagainya. Supaya tetap fresh, Anda bisa simpan di termos nasi.
  • Selai Kacang
    Selai kacang bisa Anda oleskan pada roti tawat atua buah-buahan seperti apel dan pir. Selai kacang akan memberikan Anda cukup kalori dan vitamin yang dapat menjaga stamina.
  • Air Putih dan Teh Manis
    Jangan lupa bawa air mineral agar tidak dehidrasi dan teh manis supaya tidak lemas. Kalau bisa, bawa sendiri, alias tak usah beli di jalan..
  • Pudding
    Agar lebih sehat, Anda bisa tambahkan buah-buahan ke dalamnya sebagai perasa. Agar lebih awet, Anda bisa membawa cooler box ukuran kecil.

2. Bawa air mentah

Bawalah persiapan air mentah di dalam jerigen 5 liter atau bekas botol air minum mineral yang besar. Air ini berguna untuk mengisi radiator bila kurang atau untuk cuci tangan. Selain itu, berguna juga untuk yang membawa anak kecil/bayi yang tiba-tiba di tengah jalan "pup". Misalnya aja ketika kendaraan Anda sedang berada di tengah sawah/hutan yang sulit ketersediaan air.

3. Bawa peta jalur mudik

Jangan lupa membawa peta jalur mudik dan hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail untuk mengantisipasi apabila terjadi kemacetan di suatu titik. Sebaiknya peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting,info tol sepanjang Pulau Jawa, dll.

4. Bawa HP & chargernya

Sebelum berangkat charge HP Anda sampai penuh. Sebaiknya satu keluarga memiliki kartu provider yang berbeda agar di saat salah satu provider tidak terjangkau, masih bisa mengandalkan kartu yang lain.

5. Obat-Obatan

Bawa obat-obatan yang biasa digunakan. Apalagi kalau ada yang memiliki sakit tertentu yang memerlukan obat khusus. Terutama siapkan juga untuk anak-anak.

6. Bawa uang tunai secukupnya

Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu bawa banyak-banyak, toh ATM
banyak sekali dijumpai di daerah.

7. Bawa Kaset/CD

Biar tidak bosan dan jenuh saat di perjalanan, bawalah kaset/CD yang menjadi favorit Anda dan juga keluarga.

8. Bawaan ibu menyusui

Mudik bukan rintangan untuk ibu bisa tetap menyusui kalau tetap berbekal beberapa perlengkapan menyusui, seperti apron, baju menyusui, breast pad, bra menyusui, pompa ASI, bantal menyusui, botol penyimpan ASI, air putih, dan hand sanitizer. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto carmudi.com.ng/ huffingtonpost.com]