}
THR Buat Apa?
Tips

THR Buat Apa?

by Yogira
Wed, 08-Jul-2015

Wah, asyiknya yang dapat THR. Ayo, mau dipake buat apa?

THR alias Tunjangan Hari Raya adalah hak setiap karyawan yang wajib diberikan oleh perusahaan karena sudah diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan.
Tentu, bahagia ya kalau kita dapat THR. Meski begitu, kita tetap harus pandai dan cermat untuk mengalokasikan anggarannya. Lebih baik gunakan THR untuk kebutuhan-kebutuhan yang mendesak, jangan sampai dipakai foya-foya.

Nah, berikut adalah kebutuhan umum yang biasanya memakai uang THR.

Bayar Utang

Biar bagaimanapun, Lebaran tentu nggak akan nyaman jika kita masih punya tanggungan utang. Mau mudik, belanja baju baru, tetap ganjalan utang bakal terus menghantui. So, sebelum uang THR habis, sebaiknya sisihkan dulu untuk melunasi atau setidaknya mencicil utang.

Biaya Mudik

Alokasi ini tentu buat pemudik. Yang Nggak mudik, ya bisa ngirit deh. Bagi pemudik, THR sangat penting. Soalnya, perjalanan mudik membutuhkan anggaran banyak, terutama untuk transportasi dan oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Sebaiknya alokasikan maksimal 40 persen dari uang THR untuk biaya ini.

Pengeluaran untuk Hari Raya

Bagi yang nggak mudik, mungkin bisa bernapas lega karena alokasi biaya mudik bisa dipindahkan untuk pengeluaran pas Lebaran. Nah, bagi yang mudik, sebaiknya, alokasikan pengeluaran hari Raya seminimal mungkin, misalnya hanya untuk bagi-bagi uang saku dengan nominal kecil untuk anak-anak saudara dan juga makanan alakadarnya. Ya, setidaknya alokasinya 10-20 persen dari penerimaan THR.

Biaya Asisten Rumah Tangga

Sebetulnya untuk pengeluaran biaya ini dari THR bisa ditiadakan, asalkan Anda bisa mempersiapkannya jauh hari sebelumnya, yang disisihkan dari setiap gaji regular per bulan. Cara ini bisa mengurangi beban untuk biaya asisten rumah tangga, yang biasanya berhak dibayat 1 bulan gaji kalau memang sudah setahun bekerja. Anda yang tak mengandalkan asisten rumah tangga, tentu nggak masalah kan?

Pengeluaran untuk Amal, Sedekah, Zakat

Nah, pengeluaran ini jangan sampai terlewatkan, apalagi membayar zakat, itu sudah jadi kewajiban. Setidaknya sisihkan 5-10 persen dari THR Anda untuk pengeluaran ini. Lebih banyak sih, lebih baik.

Belanja Pakaian

Belanja pakaian Lebaran sepertinya sudah jadi budaya ya. Apalagi yang sudah berkeluarga dan punya anak. Tapi ingat, alokasi belanja pakaian jangan sampai berlebihan.Cukup Alokasikan 20-30 persen dari uang THR. Lebih baik lagi kalau Anda belanjanya jauh-jauh hari menjelang Lebaran dengan membelinya secara bertahap dari alokasi gaji bulanan reguler.

Tabungan

Alokasi untuk ini yang seringkali terlewatkan oleh para penerima THR karena terlanjur tergoda untuk belanja macam-macam. Padahal mengalokasikan uang THR untuk tabungan sangatlah penting. Misalnya, Anda sisihkan 15-30 persen dari uang THR. Siapa tahu, nanti tabungan tersebut jadi modal investasi masa depan, yang digabungkan dengan tabungan reguler setiap bulan.

Nah, itulah gambaran mengenai pengelolaan uang THR yang sederhana. Semoga Anda bisa menggunakanya ya. Selamat Hari Raya Idul Fitri  1436 H. Mohon maaf lahir dan batin. [][teks @firza/edratna.wordpress.com/mommiesdaily.com/berbagai sumber | foto cnbc.com, asiadespatch.org]