}
Cek Motor Sebelum Mudik
Tips

Cek Motor Sebelum Mudik

by Yogira
Wed, 08-Jul-2015

Jelang Lebaran, pengendara sepeda motor akan terlihat berbondong-bondong melaju di jalan menuju kampung halaman. Itulah tanda mudik yang khas di Indonesia. Barangkali, di negara lain, tak ada ritual sedahsyat itu.

Nah, Anda yang merasa jadi pemudik dengan menggunakan motor sebagai alat transportasi, sebaiknya cek terlebih dahulu motornya, dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

Cairan

Cairan yang dimaksud adalah bensin, oli, dan air accu. Pastikan semua cairan tersebut aman dan berfungsi semestinya.

Baterai

Pastikan koneksi baterai dengan mesin terpasang benar. Jangan sampai terjadi arus pendek atau korsleting. Periksa, apakah ada keretakan dan kebocoran pada selang, yang posisinya dekat dengan koneksi baterai.

Ban

Pastikan tekanan ban motor Anda benar, juga periksa kondisi  kembang agar tetap stabil dan kuat sehingga bisa dipakai untuk berbagai suhu dan cuaca. 

Filter

Periksa filter atau saringan udara motor Anda, terutama saringan yang belum dibersihkan. Soalnya, jika filter udara rusak, itu akan mempengaruhi kinerja mesin motor sehingga bisa mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara.

Kabel

Pastikan semua kabel terpasang dengan benar, terutama kabel yang berhubungan dengan katup mesin, rem, kopling, dan gas.

Lampu

Pastikan lampu sorot dan sein berfungsi dengan baik. Ini sangat penting agar bisa terhindar dari risiko kecelakaan, khususnya pada perjalanan malam hari.

Sistem Rem

Pastikan bahwa sistem rem motor Anda nggak ada masalah. Periksa apakah ada kebocoran atau ada yang retak pada remnya, terutama pada bantalannya. Kalau bantalannya tipis, itu akan merusak rotor mesin motor.

Mur dan Baut

Periksa setiap mur dan baut yang menempel pada bagian-bagian motor, baik itu kerangka,maupun mesinnya. Jangan sampai mur dan baut copot saat dalam perjalanan. 

Jari-jari Roda

Periksa juga jari-jari roda motor Anda. Kalau ada kerusakan, lebih baik dipasang dibengkel saja supaya terpasang dengan benar dan kuat.

Demikian tips singkat mengecek motor sebelum mudik. Jangan lupa selalu berdoa dan hati-hati ya dalam perjalanan. Semoga selamat sampai tujuan. [][teks @firza/ jpcycles.com | foto ridermagazine.com, autoevolution.com]