}
Tips Menitipkan Hewan Peliharaan Saat Mudik
Tips

Tips Menitipkan Hewan Peliharaan Saat Mudik

by Yogira
Sat, 11-Jul-2015

Di rumah punya hewan peliharaan? Kalau kamu mudik, gimana nasib mereka? Memang sayang ya kalau hewan peliharaan nggak ikutan mudik. Tapi, demi kenyamanan dalam perjalanan, ya nggak apa-apa juga ditinggalkan.

Kalau Anda merasa nggak aman meninggalkan begitu saja hewan kesayangan di rumah, pastinya Anda mempertimbangkan untuk menitipkannya di tempat semestinya, misalnya di Pet Shop.

Nah, biar lebih afdol lagi untuk penitipannya, sebaiknya simak tips-tips berikut ini, yang disarikan dari suzywest25.blogspot.com.

Perhatikan kebersihan  

Kalau Anda memilih Pet Shop sebagai tempat penitipan, perhatikan dulu kondisi tempatnya, termasuk fasilitasnya, seperti kandang, lantai, dan lingkungannya. Kalau memang bersih dan higenis, ya bisa jadi pilihan.

Fasiltas yang tersedia

Pet shop yang bagus, tentu fasiltasnya lengkap. Perhatikan kandang, pendingin ruangan [AC atau kipas angin], obat-obatan, juga tak kalah pentingnya, ketersediaan dokter hewan di tempat penitipan.

Jenis hewan  yang dititipkan

Lebih baik Anda menitipkan hewan peliharaan pada tempat yang sesuai dengan jenis hewannya. Misalnya, Anda memelihara kucing, lebih baik memilih tempat ruangan khusus kucing atau lebih banyak kucingnya. Perhatikan juga, apakah di tempat itu ada hewan peliharaan yang sakit?

Penitipan hewan atau penjual makanan hewan

Pet Shop bisa berarti lebih mengutamakan jasa penitipan hewan atau memang penjual makanan hewan. Anda tinggal pertimbangkan, aspek-aspek lainnya dari pilihan tempat itu, terutama kebersihan dan kemampuan pemeliharaannya.

Pertimbangkan harga

Penitipan hewan memasang tarif berbeda-beda. Pilihlah sesuai dengan anggaran Anda. Yang lebih penting, perhatikan kenyamanan untuk hewan peliharaan Anda. Jangan sampai, harga lebih murah sedikit, tapi kurang nyaman untuk si hewan.

Jarak tempat penitipan

Lebih baik pilih tempat yang terdekat dari rumah agar lebih mudah mengecek kondisi hewan peliharaan Anda. Tapi kalau pun ada yang jauh, lebih baik memang tempatnya bagus dan nyaman.

Rekomendasi

Nggak ada salahnya Anda meminta rekomendasi dari teman atau saudara yang biasa menitipkan hewan peliharaan. Tentu biasanya mereka memberikan rekomendasi yang bagus.

Sidak

Kalau Anda belum yakin dengan tempat penitipan hewan yang dituju, cobalah inspeksi mendadak untuk melihat kondisi hewan peliharaan Anda, apakah dirawat dengan baik atau tidak.

Kebiasaan

Ceritakan kepada pemilik tempat penitipan tentang kebiasaan hewan peliharaan Anda, misalnya lebih suka di kandang atau lebih senang dilepas begitu saja. Juga beri informasi tentang asupan gizi dan makanannya. [][teks @firza/suzywest25.blogspot.com | foto istimewa]