}
ISO itu Perlu Bagi Perusahaan
Tips

ISO itu Perlu Bagi Perusahaan

by Pandu
Tue, 28-Jul-2015

Seringkali sebuah brand menyertakan sertifikat ISO pada produk buatannya. Ini membuktikan bahwa produk tersebut memiliki standar jaminan internasional. Para pemegang sertifikat ini juga lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Ada dua standar ISO yang biasa dipakai pebisnis: ISO 9001 dan ISO 14001. Untuk mereka yang ingin bersaing secara global, sertifikat ini diperlukan. Ada proses yang perlu dilewati bernama PDCA agar bisa mendapatkan sertifikasi ISO. Meliputi identifikasi, analisa, dan eksekusi sebuah masalah.

Cara mendapatkan sertifikasi ini bisa diperoleh lewat on-line atau badan pemberi jasa sertifikasi ISO. Badan-badan tersebut akan datang dan men-survey serta mengaudit perusahaan tersebut.

Setelah itu akan ada pelatihan-pelatihan tentang merencanakan langkah-langkah pengembangan sistem manajemen mutu berdasarkan persyaratan ISO 9001:2008.

Sementara ISO 14001:2004, mengatur tentang lingkungan perusahaan yang dapat dikelola dengan sistem berbasis standar internasional. [][teks @HaabibOnta | foto welcome-rt]