}
Cara Naik Kereta Api Serasa Kendaraan Pribadi
Tips

Cara Naik Kereta Api Serasa Kendaraan Pribadi

by Pandu
Sat, 01-Aug-2015

Udah sejak lama, kereta api telah menjadi alternatif transportasi untuk bepergian antar-kota. Lebih cepat daripada bis dan lebih murah daripada pesawat. Namun, namanya transportasi umum tetep aja ada bagian tidak nyaman. Maklum, penumpangnya harus berbagi ruang dengan orang lain.

Kalau penumpang mau nyaman serasa di kendaraan pribadi, coba ini:

Jauh dari toilet

Pilih tempat duduk yang jauh dari toilet. Serius. Soalnya kau tak akan bisa tenang setiap kali pintu terbuka dan bau pesing mulai menyengat di hidung.

Pilih dekat jendela

Dekat jendela berarti bisa lihat pemandangan, bisa bersandar pas ngantuk, dan dekat dengan stop kontak untuk charge gadget. Mantap!

Bawa bantal tiup

Setidaknya, bantal yang kamu bawa itu cuma mengandung liurmu. Tapi, jika kamu percaya bantal yang disediakan itu bersih, maka tidak perlu bawa.

Perlu hiburan

Isi gadget dengan musik, e-book dan film yang kamu suka agar perjalanan nggak basi jika pergi sendirian.

Bawa makanan ringan

Di kereta antar kota bawa makanan diperbolehkan kok. Jadi kalau perlu cemilan sambil dengerin musik atau baca, ya silakan.

Permen karet itu wajib

Perman karet hukumnya wajib dibawa perokok. Maklum di kereta dan areal stasiun dilarang merokok. Jadi kunyah permen karet biar mulut nggak asem.

Sediakan obat anti mabuk perjalanan [*bisa buat jualan]

Jika punya masalah dengan mabuk perjalanan minum aja obat anti mabuk. perjalanan bisa dilewati dengan tenang tanpa mual-mual. [][teks @HabbibOnta | foto Wikipedia]