}
Sambil Duduk Bakar Kalori
Tips

Sambil Duduk Bakar Kalori

by Pohan
Fri, 07-Aug-2015

Asyik duduk mengerjakan sesuatu di depan layar komputer, ternyata bisa bikin kita lupa waktu. Usahakan untuk meluangkan waktu Anda ambil minuman di pantry.

Yap, terlalu lama duduk berisiko terkena penyakit diabetes dan kanker lebih besar! Nah, kita bisa mencegahnya dari sekarang dengan melakukan cara-cara ini:

1. Tertawa Terbahak-bahak

Menurut data yang diperoleh dari Vanderbilt University Medical Center, Anda bisa membakar hingga 40 kalori jika tertawa terbahak-bahak selama 10-15 menit dalam sehari. Istirahat sejenak membuka halaman pekerjaan. Buka YouTube, cari video komedi yang menarik dan selamat tertawa.

2. Lakukan Gerakan Otot

Jika tidak punya waktu ke tempat gym, atau jalan sore pada akhir pekan, Anda bisa menggerakkan otot sambil duduk nonton tv dengan melatih otot perut sebagai berikut:

Bersandar di kursi. Angkat dan luruskan kaki dengan posisi 45 derajat. Kemudian tekuk lutut ke arah dada dan dorong kedua kaki kembali ke posisi semula. Lakukan ini selama 60 kali dalam 3 set untuk membakar hingga 75 kalori.

3. Gelisah

Menurut studi Iowa State University, para peneliti menemukan bahwa orang yang sering gelisah, berdiri, dan berjalan bisa membakar hingga 300 kalori per hari dibandingkan orang yang tetap diam.

4. Ganti Kursi dengan Bola Stabilitas

Bola stabilitas bisa Anda gunakan untuk melatih otot perut, kaki, punggung, paha hingga bokong. Ada berbagai jenis ukuran bola stabilitas. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kegiatan yang diinginkan.


5. Dengarkan Musik Sambil Joget

Psikolog klinis, Lavina Rodriguez, PhD menyebutkan, musik memiliki efek psikologis yang berfungsi untuk mengurangi stres, juga dapat membantu kontrol berat badan. Musik juga memotivasi Anda bergerak lebih cepat dalam jangka waktu yang lama. Coba saja dengarkan musik elektronik/dance.

6. Pilih Camilan Sehat

Menurut  Michelle Davenport, ahli gizi NYU School of Medicine, beberapa makanandapat meningkatkan metabolisme, seperti makanan pedas [bubuk cabai], protein [ayam dan keju], dan makanan berserat tinggi [brokoli, wortel, dan tombak asparagus]. Tubuh kita harus bekerja lebih keras untuk mencerna protein dan serat tinggi. Jika kita mengonsumsi makanan tersebut, kita bisa membakar kalori lebih banyak.

7. Minum Kafein

Teh hijau, teh hitam, atau kopi hitam adalah kafein yang baik jika disajikan tanpa gula. Teh hijau mampu meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 4% dan membantu membakar kalori sekitar 60 kalori per harinya.

[][teks @pohanpow/totalbeauty.com | foto zhanfen.net, hdscreen.me, lifefitness.com]