}
Lidah Buaya Ternyata Multi Guna
Tips

Lidah Buaya Ternyata Multi Guna

by Pohan
Fri, 07-Aug-2015

Selain untuk shampoo, ternyata lidah buaya sering dimanfaatkan juga lho untuk pengobatan herbal sejak awal abad pertama masehi. Ekstrak tumbuhan ini pun menjadi bahan kosmetik dan pengobatan alternatif. Nah, berikut adalah manfaat lidag buaya, yang mungkin Anda belum ketahui.

Krim Cukur

Lidah buaya bisa digunakan sebagai krim cukur.  Selain antibakteri, krim ini juga bisa melembapkan kulit. Campur 1/3 cangkir gel lidah buaya, 1/4 cangkir sabun kastilia atau sabun tangan, 1 sdm minyak almond, 1/4 cangkir air suling hangat, 1 sdt vitamin minyak E, dan 5 tetes minyak kayu putih dalam botol. Kocok sebelum digunakan dan dinginkan hingga enam bulan.

Kulit Sensitif dan Anti Penuaan

Lidah buaya bisa mengatasi kulit sensitif dan mencegah penuaan. Campur 1 sdm gel lidah buaya, 1 sdt susu almond, dan 1 sdt lemon untuk mencuci muka. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas. Ini sangat ideal untuk kulit sensitif, jerawat, dan rosasea. Campurkan 1 sendok makan lidah dengan 1 sdt 100% minyak kelapa organik mentah, pijat ke tangan sampai isi hangat, lalu cuci dan bilas. Ini baik untuk mencegah penuaan.

Sebagai Eksfoliator

Lidah buaya bisa mengeksfoliasi atau mengelupas sel-sel kulit mati. Campur 1/2 cangkir lidah buaya dengan gula merah atau baking soda untuk mendapatkan tekstur pasir [tapi tidak tajam]. Kemudian gosokkan pada siku, tumit, lengan, atau bagian mana saja sesuai kebutuhan.

Atasi Bau Mulut

Lidah buaya mengandung senyawa anti-inflamasi yang disebut B-sitosterol yang menenangkan pencernaan asam, penyebab umum dari bau mulut. Tapi menahan diri untuk menenggak; dalam dosis besar, lidah buaya dapat bekerja seperti pencahar. Siapkan 1/4 cangkir lidah buaya murni yang dilarutkan dalam 1/2 cangkir air atau jus apel untuk diminum. Ini bisa mencegah bau mulut.

Masker Malam

Campur jus lidah buaya murni dengan potongan mentimun [3 inci] dan setengah putih telur sebagai masker pelembap wajah. Gunakan sebelum tidur.

Gel Alis

Campurkan gel lidah buaya dengan castrol oil untuk membantu alis Anda tumbuh lebih cepat setelah dicukur. Celupkan tongkat maskara yang bersih ke dalam gel lidah buaya untuk menyapu alis liar.

Atasi Kaki Pecah-pecah

Campur 1/2 cangkir oatmeal, 1/2 cangkir tepung jagung, 4 sdm gel lidah buaya, dan 1/2 cangkir body lotion dan gosok ke bagian kaki yang pecah-pecah [kulitnya terkelupas]. Duduk selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Pembersih Tangan

Campur 1/2 cangkir gel lidah buaya, 1/4 cangkir alkohol, dan 20 tetes minyak esensial favorit Anda dan tuangkan ke dalam botol spritz. Alkohol bermanfaat untuk membunuh kuman, dan lidah buaya menghaluskan kulit Anda. [][teks @pohanpow/prevention.com | foto definehealthplan.com, ourgom.com]