}
Merawat Kulit Kering Secara Alami
Tips

Merawat Kulit Kering Secara Alami

by Pohan
Thu, 13-Aug-2015

Penuaan, kekurangan gizi, dan predisposisi genetik adalah beberapa faktor yang mengakibatkan kulit kering. Tidak ada salahnya Anda mencoba perawatan secara alami. Meskipun banyak lotion dan pelembab di pasaran yang menawarkan cara instan mengatasi kulit kering.

Berikut adalah 10  solusi untuk kulit kering.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan asam lemak sehat yang baik untuk kulit. Oleskan tipis minyak zaitun seperti pelembap biasa pada kulit kering Anda setengah jam sebelum mandi. Bisa juga,  campur minyak zaitun dengan gula halus. Gosokkan scrub buatan sendiri tersebut pada kulit kering Anda. Mandi dan gunakan pelembap ringan.

2. Susu Krim

Asam laktat yang terkandung dalam susu krim membantu mengelupaskan kulit kering. Susu krim membantu melestarikan tingkat pH halus kulit. Krim susu juga merupakan pelembab yang sangat baik. Campur dua sendok teh krim susu dengan beberapa tetes jus lemon, satu sendok teh susu. Oleskan pada tangan dan kaki. Biarkan selama beberapa saat sebelum Anda mandi. Lakukan ini sekali sehari.

3. Susu

Susu mengandung sifat anti-inflamasi dan menyegarkan yang sangat membantu menyingkirkan kulit kering dan gatal. Asam laktat dalam susu bisa mengelupaskan sel-sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembaban. Juga, membantu menghaluskan kulit Anda. Campur empat sendok susu dengan beberapa tetes air mawar dan jus lemon. Gosokkan ke seluruh tubuh Anda. Biarkan selama 10 menit dan mandi dengan air dingin. Lakukan dua kali sehari.

4. Madu

Madu dianggap sebagai salah satu pelembab alami terbaik dan juga sebagai antioksidan, dan antimikroba Gosok madu seluruh tubuh Anda dan biarkan selama lima sampai 10 menit sebelum mandi. Ulangi setiap hari untuk menikmati kulit baik yang lembab.

5. Yogurt

Yogurt adalah pelembap yang sangat baik. Kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi membantu menyegarkan kulit agar terhindar dari kering dan gatal. Pijat tangan, wajah dan kaki menggunakan yogurt. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas [mandi]. Bisa juga, campurkan setengah cangkir yogurt dan tiga sendok makan pepaya yang sudah ditumbuk. Aduk beberapa tetes setiap madu dan jus lemon. Oleskan pada kulit Anda dan biarkan selama 10 menit sebelum mencucinya dengan air dingin. Lakukan ini seminggu sekali.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa benar-benar baik untuk merawat kulit kering. Oleskan minyak kelapa hangat di seluruh tubuh Anda sebelum tidur. Bilas saat Anda terbangun di pagi hari. Lakukan setiap hari untuk membuat kulit Anda lembut dan halus.

7. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak, vitamin dan antioksidan yang membantu memperbaiki kulit dari dalam. Kandungan vitamin A yang tinggi juga membantu dalam pemeliharaan kulit dan perbaikan untuk mengembalikan kulit halus dan lembut. Hancurkan alpukat menjadi pasta halus. Gosok pasta pada seluruh kulit kering Anda. Biarkan pada kulit Anda selama 10 sampai 15 menit dan bilas dengan air dingin. Ulangi proses sekali sehari.

8. Oatmeal

Kandungan protein yang tinggi dalam oatmeal memberikan perlindungan pada kulit, sehingga mencegah water loss dan membantu menjaga kelembaban. Tuangkan satu cangkir plain oatmeal ke dalam bak mandi penuh dengan air hangat. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender. Rendam kulit Anda dalam air mandi selama 15 sampai 30 menit. Lakukan seminggu sekali.

9. Minyak Almond

Minyak almond merupakan sumber vitamin E karena dianggap sebagai pelumas dan emolien terbaik untuk kulit kering. Pijat tubuh Anda dengan minyak almond setengah jam sebelum mandi. Lakukan ini sekali dalam sehari.  Bisa juga, minum segelas susu hangat dicampur dengan satu sendok teh minyak almond sebelum tidur. Selain kulit sehat, tidur akan terasa nyenyak.

10. Aloe Vera [Lidah Buaya]

Lidah buaya bisa membantu memerangi kulit kering, kulit yang teriritasi dan mencegah pengelupasan. Oleskan gel lidah buaya pada kulit kering Anda. Biarkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan ini dua kali sehari. [][teks @pohanpow/top10homeremedies.com | foto naturallclub.com, hdwallpapersos.com]