}
Mandi Air Dingin? Perlu!
Tips

Mandi Air Dingin? Perlu!

by Pandu
Tue, 15-Sep-2015

Mandi pagi dengan air dingin? Tidak! Mandi sore dengan air dingin? Ugh, enakan juga pakai air panas.

Tapi daripada sering mandi  pakai air hangat, pengeluaran rumahtangga untuk beli gas tentu akan besar. Jadi, ya mending mandi  pakai air dingin. Bermanfaat sekali lho. Selain bisa menyegarkan tubuh, ada 5 manfaat lainnya kalau kita mandi dengan air dingin.

1. Membantu pembakaran lemak

Peneliti Skandinavia menemukan bahwa paparan suhu dingin meningkatkan tingkat metabolisme lemak coklat lima belas kali lipat. Artinya, mandi air dingin bisa membantu orang kehilangan lemak 4kg selama setahun.

2. Meningkatkan mood

Mandi pagi dengan air dingin? Ogah. Hmm, padahal itu bagus sebagai mood booster. Ketika dibasuh air dingin, tubuh akan berusaha tetap hangat. Jantung bekerja lebih untuk memasok oksigen dan membuat tubuh segar.

3. Bagus untuk peredaran darah

Meski terlihat sepele, tapi rupanya mandi air dingin bisa melancarkan sistem peredaran darah. Itu berarti bisa mencegah dari risiko darah tinggi dan penebalan pembuluh darah.

4. Menyehatkan kulit dan rambut

Faktanya, air panas bikin kulit menjadi kering. Sementara air dingin mengencangkan pori-pori dan kutikula. Ini bagus untuk kesehatan dan kelembapan kulit supaya tidak jerawatan dan ketombe.

5. Mengurangi rasa sakit

Atlet profesional setelah bertanding akan berendam dengan sebak es batu untuk menghilangkan rasa sakit. Setelah lari atau nge-gym, sebaiknya mandi air dingin supaya pegal serta nyeri juga hilang. [][teks @HaabibOnta/beberapa sumber | foto today]