}
Jangan Buang Kulit Jeruk!
Tips

Jangan Buang Kulit Jeruk!

by Yogira
Wed, 12-Aug-2015

Hampir semua orang suka jeruk. Selain rasanya yang enak, nutrisinya banyak manfaat. Selain itu, kulit jeruk pun nggak kalah banyak khasiatnya. Berikut di antaranya:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Kandungan hesperidin kulit jeruk membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol jahat dan berkhasiat sebagai anti pembengkakan.

2. Membantu pencernaan. Kulit jeruk mengandung banyak phytonutrient dan flavonoids yang membantu pencernaan dan masalah gastrointestinal.

3. Memperkuat sistem imun. Banyaknya kandungan vitamin A dan C pada kulit jeruk menjadikannya obat ampuh sembuhkan pilek sekaligus sebagai sistem kekebalan tubuh.

4. Mencegah kanker. Beberapa studi menunjukan kandungan pada kulit jeruk mencegah risiko kanker payudara, mulut dan kerongkongan sampai 40-50%.

5. Memelihara kesehatan pernapasan. Studi pada 2003 mengatakan, cryptoxanthin mencegah risiko kanker paru-paru sampai 27% dan kulit jeruk banyak mengandung cryptoxanthin. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa memarut kulit jeruk, lalu mencampurnya dengan salad atau yoghurt.

Selain manfaat untuk kesehatan, parutan kulit jeruk bisa digunakan juga untuk kebutuhan rumahtangga.

1. Menghilangkan karat air. Alat rumah tangga dari logam kadang tampak kusam karena karat air. Anda bisa mengembalikan kilatnya dengan menggosokkan kulit jeruk.  

2. Pengilap mebel. Nggak perlu susah beli mahal-mahal. Sisi kulit jeruk yang berwarna putih  bisa mengilapkan mebel dengan mudah.

3. Pelembut pakaian. Caranya: Anda siapkan kulit jeruk dalam jumlah banyak dan rebus sampai mendidih. Gunakan air rebusannya pada mesin cuci sebagai pelembut dan pengharum pakaian.

4. Pengharum ruangan. Caranya gampang banget. Satukan cengkeh, kayu manis dan kulit jeruk dalam satu wadah dan berikan air sedikit. Jadi deh pengharum ruangan istimewa yang murah meriah.

[][teks @dd_sarwono/10awesome.com | foto forueve.com, teacher-chef.com]