}
Cepat Tanggapi Alergi
Tips

Cepat Tanggapi Alergi

by Pohan
Mon, 14-Sep-2015

Alergi bisa disebabkan oleh gigitan serangga, makanan tertentu, unsur-unsur di udara, serta obat-obatan. Jika Anda mengalami alergi yang parah,  sebaiknya segera konsultasikan ke dokter atau profesional kesehatan lainnya. Namun, alergi ringan masih bisa diobati di rumah. Gimana caranya?

1. Neti pot - bisa mengatasi alergi dan sinus dengan cara membilas rongga hidung. Siapkan neti pot yang sudah diisi campuran garam dan air hangat [jangan menggunakan air keran]. Kemudian miringkan kepala Anda ke samping dan tuangkan larutan dalam satu lubang hidung sampai mengalir keluar yang lain, mengulangi proses di sisi berlawanan.

2. Semprot saline - lebih mudah digunakan meskipun fungsinya sama dengan neti pot. Semprotan mengandung larutan garam sedikit lebih lembut dan merata, sedangkan pot terkadang tidak.

3. Konsumsi madu lokal [asli] - secara teratur untuk membantu meringankan alergi.

4. Pembersih udara portabel - yang dilengkapi dengan filter HEPA bisa menyaring udara di kamar tidur dan ruang lainnya dengan baik.

5. Beberapa herbal dan suplemen - termasuk spirulina, eyebright, dan goldenseal  bisa mengatasi alergi. Seorang ahli menyarankan penderita alergi agar mencoba bromelain,yakni semacam enzim yang ditemukan dalam nanas yang kadang-kadang digunakan untuk mengekang inflamasi setelah operasi sinus.

6. Mandi - adalah pertolongan pertama bagi penderita alergi, terutama saat musim semi. Setelah menghabiskan waktu di luar rumah, luangkan waktu untuk mandi.

7. Menuangkan air mendidih - adalah cara termudah untuk mencegah alergi, yaitu dengan cara menuangkannya  ke dalam mangkuk atau wadah lainnya, menggantungkan handuk di atas kepala Anda yang membentuk sebuah tenda, dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung selama lima sampai 10 menit. Beri jarak antara air dengan wajah Anda supaya tidak kepanasan. Cara ini mungkin lebih mudah daripada mandi berkali-kali dalam sehari.

8. Gunakan minyak kayu putih - Tambahkan beberapa tetes minyak ke dalam mangkuk berisi air panas, atau ke lantai kamar mandi.

9. Konsumsi makanan pedas - meskipun rasa pedas memiliki efek dekongestan sementara.

10. Minum teh hijau - untuk menghambat reaksi alergi karena mengandung senyawa [termetilasi epigallocatechin gallate].

[][teks @pohanpow/abcnews.go.com | foto studiobotanica.com, sunshineandadaisy.blogspot.com]