10 Kuil Dewa Yunani Menakjubkan
Travel

10 Kuil Dewa Yunani Menakjubkan

by Pandu
Fri, 06-Nov-2015

Tahun ini, Yunani dilanda krisis moneter hebat seperti Indonesia tahun 1998. Padahal sebelum masehi, Yunani termasuk negara maritim yang paling disegani selain Roma dan Ottoman.

Bahkan beberapa kuil dewa Yunani sampai terserak ke Italia dan Libya. Dari sekian banyak kuil dewa Yunani, ada 10 yang dianggap menakjubkan. Apa saja ya?

1. Parthenon, Acropolis [500 tahun SM]

Kuil ini dibangun untuk menghormati Athena, Dewi Kebijaksanaan dan Pelindung Athens. Seharusnya ada patung Athena yang terbuat dari emas dan perak, tapi hilang saat bangsa Persia menyerang.

2. Valley of The Temples, Sisilia [406 Tahun SM]

Ada 7 kuil besar di lembah ini. Kuil Concordia, Juno, Heracles, Vulcan, Asclepius, Castor dan Pollux, serta Zeus. Perlu 100 tahun untuk merekonstruksi ulang komplek kuil ini. UNESCO sudah menjadikannya sebagai Warisan Dunia.

3. Kuil Hephaestus, Athens [449 SM]

Nama lain kuil ini Hephaisteion. Mulanya kuil ini dibangun untuk Dewa Keahlian Baja. Tapi sejak 1834 beralih jadi Gereja Orthodox, St. George Akamates. Di antara kuil yang lain, Hephaestus paling utuh.

4. Paestum, Italia [600 SM]

Dua dari tiga kuil di komplek Paestum adalah milik Hera, Dewi Kelahiran. Sisanya milik Athena. Saat Perang Dunia 2, Paestum termasuk dalam wilayah perang Pasukan ke-36 USA.

5. Kuil Segesta, Sisilia [420 SM]

Para arkeolog percaya bahwa kuil Segesta ini tidak pernah rampung pengerjaannya sejak dulu. Pembangunannya dihentikan akibat perang melawan Carthaginians. Tidak ada bekas atap bangunan pada Kuil Segesta.

6. Kuil Apollo Epiricus, Peloponnese [400 SM]

Tragisnya hanya tersisa puing-puing dari reruntuhan kuil ini. Beberapa patung yang tersisa dibawa ke Inggris untuk diteliti dan dipamerkan.

7. Erechtheum, Athens [421 SM]

Kuil ini didedikasikan untuk Athena dan Poseidon. Maka itu ada 6 patung wanita yang dijadikan tiang yang disebut Caryatids.

8. Kuil Zeus, Lybia [500 SM]

Kuil ini sudah dibangun ulang beberapa kali karena terus jadi medang perang. Hancur tahun 115 karena Pemberontakan Yahudi dan tahun 365 ketika ada gempa bumi besar.

9. Kuil Posseidon, Sounion [440 SM]

Kuil dibangun persis di atas tebing yang menghadap langsung lautan untuk menghormati Dewa Posseidon. Karena arsitekturnya mirip, kuil Posseidon dipercaya sama dengan kuil Hephaestus.

10. Kuil Olympia Zeus, Athens [550 SM]

Dibuat selama lima ratus tahun lamanya, pengerjaan kuil Olympia Zeus baru selesai pada tahun 2. Diyakini kuil ini adalah komplek kuil Dewa Yunani terbesar meski sekarang cuma tersisa puing. [][teks @haabibOnta/berbagai sumber | foto greekreporter]