8 Danau Terindah dan Sulit Dijangkau
Travel

8 Danau Terindah dan Sulit Dijangkau

by Pandu
Tue, 24-Nov-2015

Kalau ingin membaca tentang Danau Kelimutu di Flores atau Danau Ranu Kumbolo di Jawa Timur, atau Danau Toba di Sumatera Utara, kami tidak menaruhnya di daftar ini. Tiga danau itu sudah terlalu sering dibahas.

Danau Kelimutu, masih indah tapi pernah jadi gambar di mata uang. Ranu Kumbolo, sulit dijangkau tapi rusak karena sampah orang tidak bertanggung jawab. Danau Toba? Ada di buku pelajaran.

Kami menyiapkan menu 8 danau terindah di Nusantara dan sulit dijangkau. Jadi, siapa pun yang tiba di sana pasti terpuaskan.

1. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Sesuai namanya, begitu jernihnya air danau ini sampai bisa dipakai untuk bercermin. Kedalaman Labuan Cermin lebih dari 3 meter, tapi dijamin dasarnya bisa terlihat kasat mata. Nggak perlu kacamata selam.

2. Danau Paniai, Papua

Luasnya 14.500 hektare, berada di ketinggian 1.700 mdpl, berada di tengah pegunungan. Untuk mencapainya, pengunjung perlu ambil dua jalur, darat dan udara. Dari kota Enarotali, traveller bisa menyewa mobil 4WD ,lalu naik pesawat tipe Cessna.

3. Danau Tujuh Gunung, Jambi

Ini adalah danau tertinggi di Indonesia, berada pada ketinggian 2.773 mdpl. Dikelilingi oleh oleh tujuh gunung, yang tertinggi Kerinci [3.805 mdpl]. Perlu jalan kaki 4 jam atau lebih untuk mencapai Danau Tujuh Gunung.

4. Danau Sentani, Papua

Ada 21 pulau kecil di kawasan Danau Sentani karena luas danau ini mencapai 9.360 hektar. Membentang di sepanjang Kota Jayapura. Jika sudah sampai Papua, mencapai danau ini mudah. Tapi jika dari Jakarta, perlu biaya yang setara dengan ke Sydney.

5. Segara Anak, NTB

Segara Anak berarti Anak Lautan. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, danau ini terpisah dari samudera. Para pendaki gunung yang sudah mencapai G.Rinjani pasti tahu indah dan magisnya Segara Anak.

6. Danau Kakaban, Kalimantan Timur

Tercipta sejak dua juta tahun silam. Danau di pulau yang berada di tengah lautan ini amat unik. Ada dua layer air di danau ini, bagian bawah air asin, bagian atas air tawar. Juga ada ubur-ubur yang tidak punya sengat, khususnya di Kakaban.

7. Danau Satonada, NTB

Untuk mencapai danau berusia 10.000 tahun ini, pengunjung harus menempuh waktu perjalanan sekitar 4-6 jam dari Kota Dompu. Lalu diteruskan perjalanan pakai kapal nelayan. Air di danau ini punya tingkat keasinan yang lebih dari air laut. Jadi, kalau kamu mau nyemplung, perlu kacamata.

8. Danau Merah Pagaralam, Bengkulu

Baru ditemukan 2010 lalu, Danau ini masih terbilang perawan. Untuk mencapainya, perlu menerabas perbukitan Raja Mandare. Luas danau ini mencapai 6 hektar. Jika ingin menemukan hal-hal unik, pengunjung dilarang bersuara selama trekking. [][teks & foto @HaabibOnta]