Yuk, Ngubek-ngubek TMII
Travel

Yuk, Ngubek-ngubek TMII

by Pohan
Fri, 27-Nov-2015

Tahu dong Taman Mini Indonesia Indah [TMII]? Inilah objek wisata legendaris Indonesia, lokasinya di Jakarta Timur. Nah, bagi yang belum ke sini, baiknya harus tahu dulu informasinya ya.

TMII adalah kawasan taman wisata budaya Indonesia yang diresmikan mantan Presiden RI Soeharto pada 20 April 1975. Menurut rencana utamanya, pembangunan TMII menghabiskan biaya sebesar Rp 10,5 miliar.


Untuk melihat gambaran tentang suku bangsa di Indonesia, wisatawan bisa singgah ke anjungan yang dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia. Anjungan secara tematik dibagi enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.


TMII salah satu alternatif yang tepat untuk bertamasya. Bahkan tempat belajar yang mengasyikan, yang pada setiap Anjungan menampilkan bangunan khas setempat. Selain anjungan, TMII menghadirkan 16 museum seperti Museum Minyak dan Gas Bumi, Museum Transportasi, Museum Indonesia Komodo, dan lainnya.


Jika ingin mengenal tempat-tempat ibadah di Indonesia, kamu bisa mengunjungi Masjid Pangeran Diponegoro, Wihara Arya Dwipa Arama, Gereja Katolik Santa Catharina, Pura Penataran Agung Kertabhumi, Klenteng Kong Miao, Gereja Kristen Protestan Haleluya, dan Sasono Adiroso Pangeran Sambernyowo.


TMII juga memiliki 12 taman yang tak hanya menambah pengetahuan unit flora dan fauna yang terdiri dari Taman Reptilia, Taman Budaya Tionghoa, Taman Kupu, Taman Dunia Air Tawar, Taman Bekisar, Taman Burung, Taman Bunga Keong Emas, Taman Persahabatan Negara Non Blok, Taman Apotik Hidup, Taman Manasik Haji, dan Taman Kaktus.


Tidak berhenti di taman, TMII pun dilengkapi wahana rekreasi menarik yang meliputi Titihan Samirono [Aeromovel Indonesia], Balon Raksasa, Teater 4 Dimensi, Pemancingan Telaga Mina, Istana Anak-anak Indonesia, Theater IMAX Keong Emas, Kereta Gantung, Pusat Peragaan IPTEK, dan SnowBay Waterpark.


Mungkin nggak cukup keliling TMII seharian. Nah, kamu bisa bermalam di Desa Wisata dengan fasilitas penginapan bagi wisatawan perorangan maupun rombongan. Suasana yang ditawarkan khas pedesaan yang tenang dan nyaman.

TMII buka setiap hari [Senin-Minggu pukul 07.00-22.00 WIB]. Informasi bisa kamu dapatkan melalui akun media sosial Twitter @ilovetamanmini atau Facebook  ilovetamanmini. [][teks @pohanpow/tamanmini.com | foto berbagai sumber]