Taman Bunga Terluas di Dunia
Travel

Taman Bunga Terluas di Dunia

by Pandu
Fri, 20-Nov-2015

Pernah tahu soal Taman Gantung Babilonia? Itulah taman legendaris yang disebut sebagai Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Sampai sekarang, bentuk taman itu masih jadi misteri. Dibangun tahun 600 SM, sekarang kemegahan taman itu tinggal puing-puing saja.

Tahun 2013, Dubai membangun taman raksasa di kota Dubailand, Taman Ajaib Dubai. Tapi tujuannya bukan untuk menyaingi kemegahan Taman Gantung Babilonia, melainkan untuk menarik perhatian turis internasional agar mau datang ke Uni Emirat Arab. Pasalnya, sebelumnya di Dubai sudah berdiri gedung pencakar langit Burj Khalifa, Ferrari World, atau Real Estate World Island.

Taman Ajaib Dubai terbukti bisa menyedot wisatawan internasional. Beberapa kali taman ini dipakai syuting film Bollywod. Pas untuk orang yang senang menyanyi sambil berlari-lari dan joget-joget di tengah bunga-bunga mekar.

Di taman seluas 72.000 m ini terdapat 45 juta jenis bunga yang tumbuh subur. Setiap harinya diperlukan 757,082 liter air untuk menyiram tanaman. Pihak taman mendapatkan air sebanyak itu dari hasil penyulingan air yang sudah dipakai. Manajemen juga memelihara 15.000 kupu-kupu dari 26 spesies supaya taman terlihat seperti yang ada di bayangan imajinasi tiap orang.

Taman Ajaib Dubai punya empat lokasi atraksi, Floral Clock, Colourful Peacocks, Butterfly Park, dan Aromatic Garden. Masing-masing dari tempat itu memiliki ciri khas masing-masing. Misalkan, Aromatic Garden, bunga-bunga di sini khusus bunga beraroma santer seperti lavender. Sedangkan Butterfly park yang paling banyak kupu-kupunya.

Tapi Taman Ajaib Dubai atau Miracle Garden Dubai ini cuma dibuka pada Oktober sampai April. Sementara Juni sampai September ditutup. Cuaca yang bersuhu tinggi, antara 40C, tidak kondusif buat bunga untuk bermekaran. Butuh dana sebesar 11 Juta dollar untuk membangun Taman Ajaib Dubai.

Saat ini Taman Ajaib Dubai dinobatkan sebagai Taman Bunga Terluas di dunia. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto miraclegardendubai]